Simpang Empat,- (ANTARA) - Sebanyak tujuh paramedis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) positif Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), Rabu.

"Ketujuh paramedis itu merupakan pasien kontak erat dengan 10 dokter positif COVID-19 sebelumnya," kata Bupati Pasaman Barat Yulianto didampingi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Edi Busti dan Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Gina Alecia di Simpang Empat, Rabu.

Ia mengatakan ketujuh orang paramedis yang positif COVID-19 itu adalah MU (42), NR (32), NG (32), NN (44 ), NL (27 ) SR (27 ) dan SU (45).

Menurutnya dengan adanya penambahan tujuh orang itu maka saat ini jumlah pasien positif di Pasaman Barat menjadi 20 orang. Sebelumnya enam orang sudah dinyatakan sembuh SP (30), CB (25), MA (38), AR (63), W (21) dan MY (38).

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di Pasaman Barat bertambah menjadi 14 orang

Baca juga: Tiga orang pasien positif COVID-19 di Pasaman Barat sembuh


Ia menyebutkan terhadap tujuh pasien positif baru itu saat ini telah diisolasi di RSUD Pasaman Barat.

Berarti 18 pasien saat ini diisolasi di RSUD Pasaman Barat, satu orang di RSUD Kota Padang dan satu orang diisolasi di Rumah Sakit BMC Padang.

Pihaknya akan terus melakukan pelacakan atau tracing terhadap warga yang kontak dengan pasien positif itu.

"Saat ini sudah ada sekitar 700 orang yang dilakukan tes usap atau swab test sebagai antisipasi penyebaran COVID-19," sebutnya.

Ia mengharapkan kepada seluruh masyarakat Pasaman Barat untuk tetap tenang dan selalu mematuhi protokol penanganan penyebaran COVID-19.

Protokol kesehatan itu selalu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Selain itu diharapkan kepada seluruh masyarakat Pasaman Barat yang merasa pernah kontak dengan pasien konfirmasi positif tersebut agar dapat melaporkan dirinya ke Gugus Tugas Penanganan Penyebaran COVID-19 dan puskesmas terdekat untuk mengikuti proses tes usap lanjutan.

"Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan kekuatan dalam menghadapi pandemi COVID-19 ini oleh Allah SWT," ujarnya berharap.*

Baca juga: Hasil tes usap COVID-19 terhadap 57 warga Pasaman Barat negatif

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Pasaman Barat bertambah dua orang

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020