Pemadaman oleh regu dua dan tiga menggunakan 2 unit mobil Damkar Sektor Ciawi
Bogor (ANTARA) - Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Bogor mengerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran (damkar) untuk memadamkan truk pengangkut bahan kimia yang terbakar di Tol Jagorawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa.

"Pemadaman oleh regu dua dan regu tiga menggunakan dua unit mobil damkar dari Sektor Ciawi," ungkap Kepala Unit Pemadam Kebakaran Sektor Ciawi Kabupaten Bogor, Nendri usai pemadaman.

Menurutnya, truk bernomor polisi B 9058 UCT itu terguling di kilometer 39 Tol Jagorawi ketika melaju dari Jakarta ke arah Sukabumi sekitar pukul 07.30 WIB. Kemudian api yang membumbung hebat, membakar hampir seluruh bagian kendaraan tersebut.

Baca juga: Pabrik Polytron di Demak dilanda kebakaran

Baca juga: Penyimpanan karton Tjiwi Kimia di Sidoarjo terbakar


Nendri menyebutkan dengan mengerahkan dua regu damkar dari Sektor Ciawi, pihaknya berhasil melakukan pemadaman dalam waktu sekitar dua jam, yaitu mulai pukul 07.35 WIB hingga 09.48 WIB.

Setelah api berhasil dipadamkan, kerangka truk yang sudah hangus terbakar kemudian dibawa ke Kantor Unit Laka Jasamarga.

Baca juga: Sistem proteksi kebakaran Gedung Walkot Jakpus perlu direvitalisasi

Ia mengatakan dari keterangan yang ia terima, truk pengangkut bahan kimia itu mengalami pecah ban, kemudian menabrak pembatas jalan yang mengakibatkan kendaraan terguling dan menyebabkan kebocoran tanki.

"Truk boks dari arah Jakarta menuju Sukabumi pacah ban dan menabrak pembatas jalan, mengakibatkan mobil terguling dan terjadi kebocoran tanki bahan bakar yang menimbulkan api," katanya.

Baca juga: Puluhan rumah adat tak berpenghuni di Lembata terbakar

Baca juga: Gudang mobil dan motor di Kupang terbakar disertai ledakan


 

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020