Surabaya (ANTARA) - Wali Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur Tri Rismaharini melakukan aktivitas di akhir pekan dengan blusukan ke pasar perkampungan hingga perumahan untuk mengingatkan warga agar memakai masker selama pandemi COVID-19.

"Ayo dipakai maskernya, yang jualan itu harus pakai masker supaya tidak nulari. Masih ribuan yang dirawat di rumah sakit, tolong jangan ditambah lagi," kata Wali Kota Risma saat melintas dan membagikan masker di Pasar Gresik PPI Surabaya, Minggu.

Baca juga: Menko Airlangga sebut ekonomi Indonesia mulai bergerak positif

Wali Kota Risma terus mengetuk hati warga Kota Surabaya untuk selalu patuh dan disiplin dalam mentaati protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

Salah satu strategi Risma dalam mengetuk hati warga itu, dilakukan dengan cara blusukan ke pasar-pasar dan gang-gang untuk sosialisasi patuh menggunakan masker dan selalu jaga jarak.

Baca juga: Menko Airlangga: Bangkitnya ekonomi dimulai dari disiplin pakai masker

Blusukan semacam ini sudah sering dilakukan Wali Kota Risma selama masa pandemi ini. Bahkan, setiap akhir pekan, wali kota perempuan pertama di Kota Surabaya itu rutin blusukan ke perkampungan dan gang-gang di berbagai penjuru kota.

Akhir pekan ini, Risma didampingi beberapa kepala organisasi perangkat daerah (OPD), petugas Linmas, Satpol PP hingga jajaran kepolisian keliling pasar-pasar dan gang di wilayah Surabaya Barat.

Baca juga: KPU usulkan masker dan hand sanitizer jadi bahan kampanye pilkada

Dengan berbekal pengeras suara sambil dibonceng sepeda motor oleh ajudannya, ia bersama rombongannya ini memulai blusukannya dari rumah dinas Wali Kota Surabaya menuju Tugu Pahlawan yang sedang ramai pengunjung karena ada pasar dadakan.

Kemudian menuju arah Jalan Krembangan Baru dan dilanjutkan ke Pasar Gresik PPI hingga ke Pasar Tambak Mayor Baru yang juga ramai pengunjung pasar.

Rombongan ini juga melanjutkan sosialisasinya di Jalan Sukomanunggal Baru hingga Tanjungsari, Tandes. Termasuk pula ke Perumahan Pondok Benowo Indah dan Griya Benowo Indah.

Selama di perumahan itu, Risma seakan menyusuri hampir semua gang sempit, tak heran jika beberapa kali rombongan ini bertemu dengan jalan buntu. Selama berada di gang-gang sempit itu, suaranya terus mengalun menyosialisasikan patuh pakai masker.

"Saya Risma, Wali Kota Surabaya, tolong dipakai maskernya bu, saya tidak ingin panjenengan semua sakit. Masih banyak yang dirawat di rumah sakit, ayo pakai maskernya dan jaga jaraknya," Risma.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2020