toko kelontong dan UMKM di Indonesia jangan menyerah, tetap kibarkan semangat, dengan sikap gotong-royong
Jakarta (ANTARA) - Komunitas toko kelontong masa kini Sampoerna Retail Community (SRC) mendukung pelaku UMKM tetap produktif di masa pandemi dengan beradaptasi pada kebiasaan baru.

Direktur PT SRC Indonesia Sembilan (SRC IS) Henny Susanto mengatakan dukungan tersebut dilakukan melalui inisiasi program #SRCKibarkanSemangat yang sekaligus sebagai seruan semangat kepada masyarakat agar mengambil peran aktif dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

"Program #SRCKibarkanSemangat merupakan wujud komitmen SRC dalam menyebarkan semangat positif kepada UMKM Indonesia agar dapat melewati masa sulit ini bersama-sama. Kami terus berupaya untuk memberikan dampak positif bagi UMKM di Indonesia melalui pendampingan berkelanjutan dan selama masa pandemi, komitmen ini semakin teguh kami jalankan," ujar Henny dalam pernyataan di Jakarta, Minggu.

Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia Teten Masduki melalui video singkat menyampaikan dukungan atas inisiatif ini dengan menyampaikan seruan semangat kepada seluruh UMKM di Indonesia

"Bagi seluruh toko kelontong dan UMKM di Indonesia jangan menyerah, tetap kibarkan semangat, dengan sikap gotong-royong. Bulan-bulan berlalu, keringat dan air mata kita rasakan, tapi satu yang selalu menjadi harapan, UMKM untuk Indonesia Maju," ujar Teten.

Dalam program #SRCKibarkanSemangat, toko kelontong SRC berkolaborasi dengan UMKM binaan Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) yang memproduksi Kerupuk Semangat edisi khusus peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia yang tersedia di lima kota, mulai dari Karawang, Cianjur, Surabaya, Pematang Siantar hingga Yogyakarta.

Henny menambahkan walaupun perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia tahun ini cukup berbeda dibanding tahun sebelumnya, semangat kebersamaan dan gotong-royong diwujudkan melalui berbagai kegiatan seperti dekorasi toko dengan hiasan bernuansa merah putih.

Gerakan menghias toko secara serentak tersebut berhasil memecahkan Rekor Dunia oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan kategori Lomba Menghias Toko Kelontong dengan Nuansa Merah Putih Terbanyak.

Selain itu, SRC juga turut menyemarakkan peringatan kemerdekaan Indonesia melalui tantangan digital Krupfie (Kerupuk Selfie) hingga promo Paket Merdeka yang tersedia di lebih dari 120 ribu toko kelontong SRC seluruh Indonesia.

"Harapannya dengan #SRCSebarkanSemangat seluruh UMKM khususnya yang tergabung dalam SRC dapat tetap produktif dengan beradaptasi pada kebiasaan baru," ujar Henny.

Baca juga: Sampoerna berikan edukasi protokol kesehatan 120 ribu toko kelontong
Baca juga: Ribuan toko kelontong terapkan tindakan preventif lawan pandemi

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020