MPR apresiasi Kemendes PDTT gagas Gerakan Setengah Miliar Masker

MPR apresiasi Kemendes PDTT gagas Gerakan Setengah Miliar Masker

Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid. (Istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang menggagas Gerakan Setengah Miliar Masker.

"Kami apresiasi Gus Menteri Desa yang melaksanakan Gerakan Setengah Miliar Masker. Ini adalah langkah nyata dalam memberdayakan dan mendisiplinkan masyarakat Desa agar terhindar dari COVID-19," kata Jazilul Fawaid dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Dia menilai apa yang dilakukan Kemendes PDTT itu, merupakan langkah nyata dalam memberdayakan dan mendisiplinkan masyarakat desa agar terhindar dari COVID-19.

Jazilul yang akrab dipanggil Gus Jazil itu menilai penularan COVID-19 masih menjadi ancaman, dan menyikapi masih tingginya angka penularan dan kematian akibat pandemi, dirinya berharap agar wabah ini segera teratasi dengan tuntas.

Baca juga: MPR ingatkan kepala daerah harus berkomitmen sejahterakan masyarakat
Baca juga: Ketua MPR: Hasil tes COVID-19 harusnya cepat


"Saya mengingatkan agar semua selalu waspada dan disiplin menjaga kesehatan," ujarnya.

Politisi PKB itu menekankan pentingnya masyarakat menerapkan dan menjalankan protokol kesehatan yang ketat karena merupakan aturan untuk semua dan demi semua.

Salah satu penerapan protokol kesehatan itu menurut Gus Jazil adalah selalu menggunakan masker di manapun berada termasuk di desa.

"Penularan tidak mengenal orang kota atau orang desa, semua bisa kena, sehingga apa yang diprogramkan oleh Kemendes PDTT sangat tepat," katanya.

Selain itu Jazilul menilai melawan COVID-19 harus dilakukan secara bersama-sama karena pandemi tersebut telah berdampak merusak dan meluluhlantahkan berbagai sektor di masyarakat.

Karena itu dia meminta semua elemen masyarakat dan pemerintah dimanapun harus bersatu padu dan bergotong royong mencegah pandemi COVID-19 semakin meluas.

Menurut dia melawan COVID-19 bisa saja dilakukan secara sektoral namun itu tidak akan efektif karena virus tersebut menular tanpa mengenal batas apapun.

Sebelumnya, Mendes PDTT Halim Iskandar telah menggagas Gerakan Setengah Miliar Masker untuk melindungi masyarakat Desa dan Daerah Tertinggal dari penularan COVID-19 dan Mewujudkan Desa Aman COVID-19.

Dalam surat ke seluruh kepala desa di Indonesia, Surat No. S.2294/HM.01.03/VII/2020, menteri mewajibkan mereka untuk menyediakan 4 buah masker kain yang bisa dicuci untuk setiap warga desa. Penyediaan empat masker itu dirinci, 2 masker diadakan dengan dana desa lewat Bumdes, 2 masker berikutnya melalui gotong royong atau swadaya masyarakat desa.

Dalam gerakan tersebut, Kemendes PDTT juga melibatkan PKK yang mendapatkan tugas untuk membagikan masker ke rumah-rumah.

Gerakan tersebut menyambut instruksi yang pernah disampaikan Presiden RI, Joko Widodo agar kampanye masker diprioritaskan lalu disusul kampanye aspek protokol kesehatan lainnya dengan melibatkan peran PKK.

Baca juga: MPR apresiasi pemerintah salurkan bantuan bagi UMKM
Baca juga: Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid raih gelar doktor llmu pemerintahan

Pewarta : Imam Budilaksono
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2020