Mantan PM Ukraina Tymoshenko positif corona

Mantan PM Ukraina Tymoshenko positif corona

Dokumentasi--Mantan PM Ukraina Yulia Tymoshenko duduk di dekat telaga di Kiev, Agustus 2001 ( BY REUTERS, AS A SERVICE TO CLIENTS Koz/mes/12.

Kiev (ANTARA) - Mantan Perdana Menteri Ukraina Yulia Tymoshenko dinyatakan positif virus corona dan kini dalam kondisi serius yang disertai demam, demikian juru bicara Partai Fatherland pada Minggu.

Perempuan berusia 59 tahun itu menjadi politisi terkemuka Ukraina pertama yang diketahui terinfeksi COVID-19. Tymoshenko dua kali menjabat sebagai perdana menteri sebelum akhirnya menelan kekalahan pada pemilu presiden 2010. Parlemen sedang memasuki liburan musim panas sejak pertengahan Juli.

"Kondisinya dianggap serius, suhu tubuhnya hingga mencapai 39 (Celsius)," kata juru bicara Partai Fatherland, yang menolak mengatakan apakah Tymoshenko dirawat di rumah sakit atau memberikan informasi lainnya.

Baca juga: Istri presiden Ukraina positif corona
Baca juga: Perusahaan farmasi Ukraina mulai uji klinis obat COVID-19


Ukraina mengalami lonjakan tajam infeksi COVID-19 pekan ini, dengan 2.328 kasus yang dilaporkan selama 24 jam pada Sabtu. Total kasus COVID-19 di Ukraina mencapai 104.958 dan tercatat 2.271 kematian.

Nama Tymoshenko melambung saat menjadi salah satu pemimpin Revolusi Oranye Ukraina pada 2004, di mana Viktor Yushchenko yang pro Barat ditetapkan sebagai presiden setelah pengadilan menyatakan hasil pemilu telah dicurangi untuk mendukung musuhnya yang pro Moskow.

Tymoshenko menjabat dua kali sebagai perdana menteri di bawah Yushchenko sebelum keduanya jatuh usai kekacauan politik bertahun-tahun.

Sumber: Reuters

Baca juga: Ukraina catat lonjakan tertinggi kasus corona
Baca juga: Cegah penyebaran corona, Ukraina tutup perbatasan dengan Crimea
Pewarta : Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020