Jakarta (ANTARA) - Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengatakan bahwa kedatangan para pemain belia asal Brazil, yang usianya di kisaran 19 tahun, ke beberapa klub Liga 1 Indonesia tidak terkait dengan tim nasional.

"Kedatangan para pemain asing muda dari Brazil ini tidak ada kaitannya dengan PSSI. Itu urusan klub klub Liga 1. Pemain yang dipanggil timnas Indonesia tentu harus berpaspor Indonesia," ujar Indra, dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Kamis.

Indra menegaskan bahwa pihaknya tidak memiliki kepentingan atas kebijakan-kebijakan klub tersebut.

PSSI, dia melanjutkan, saat ini fokus menempa para pemain tim nasional U-19 yang tengah menjalani pemusatan latihan (TC) di Jakarta dan selanjutnya akan melanjutkan aktivitasnya di luar negeri.

"Saat ini kami terus mengasah kemampuan pemain jelang mengikuti turnamen Piala Asia U-19 AFC 2020 di Uzbekistan. Pelatih Shin Tae-yong memberikan berbagai menu latihan kepada pemain. Selanjutnya, sebelum ke Uzbekistan, kami akan melaksanakan TC di luar negeri terlebih dahulu," kata Indra.

Baca juga: Arema FC rekrut dua pemain muda asal Brasil
Baca juga: Persija uji coba dua pemain muda Brazil


Sebanyak tiga klub Liga 1 Indonesia 2020 diketahui tengah menjajal kemampuan beberapa pemain Brazil berusia sekitar 19 tahun.

Arema FC mendatangkan Hugo Guilherme Corre Grillo dan Pedro Henrique Bartoli, lalu Persija menguji coba Thiago Apolina Pereira dan Maike Henrique Irine De Lima, sementara Madura United menyeleksi Robert Junior Rodrigues Santos.

Berkembang kabar para pemain tersebut akan dinaturalisasi menjadi WNI untuk kepentingan Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Baca juga: PSSI akhiri TC timnas Indonesia
Baca juga: Shin Tae-yong beri timnas U-19 libur empat hari


Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, dalam sebuah seminar daring pada Juli 2020, bahkan sempat menunjukkan sosok Pedro dan Maike Henrique di lembar presentasinya sebagai pemain muda potensial yang kemungkinan akan dinaturalisasi.

Sebelum berlaga di Piala Dunia U-20 tahun 2021, timnas U-19 Indonesia akan berkompetisi di Piala Asia U-19 2020 yang berlangsung di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020.

Di turnamen tersebut, Indonesia berada satu grup dengan tuan rumah Uzbekistan, Iran dan Kamboja di Grup A.

Timnas U-19 Indonesia akan menghadapi Kamboja pada Rabu (14/10), lalu melawan Iran pada Sabtu (17/10) dan menantang Uzbekistan pada Selasa (20/10).

Baca juga: Pemain muda Brasil, antara aset klub dan kepentingan timnas
Baca juga: PSSI: Piala Asia U-16 dan U-19 masih sesuai jadwal

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020