BTN dan REI bagikan sembako untuk warga terdampak COVID-19

BTN dan REI bagikan sembako untuk warga terdampak COVID-19

Pemberian sumbangan secara simbolis bagi warga terdampak COVID-19 kerja sama BTN dan REI. (HO/BTN)

Jakarta (ANTARA) - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dan Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) menjalin kerja sama membagikan sembako untuk warga terdampak COVID-19.

"Kegiatan dipusatkan di Jakarta. Tetapi bekerjasama juga dengan beberapa cabang-cabang REI bagikan sembako bagi warga terdampak di daerah," kata Direktur Utama BTN Pahala Nugraha Mansury dalam keterangan tertulis, Kamis.

Pahala mengatakan kegiatan ini merupakan program tanggung jawab sosial yang digarap bersama dengan mitra kerja asosiasi pengembang.

“Kerja sama yang kami bangun dengan para mitra tidak sekadar bisnis semata namun juga untuk tujuan sosial dan kemanusiaan yang kami wujudkan dalam bentuk kegiatan seperti kegiatan bakti sosial seperti ini,” kata Pahala.

Kegiatan ini terkaut momentum HUT Ke-75 RI dan Hapernas. "Salah satunya dengan ungkapan tali kasih dan berbagi dengan masyarakat yang terkena dampak COVID-19,” kata Pahala.

Baca juga: Pameran virtual BTN targetkan 2 juta pengunjung
Baca juga: Dirut BTN berharap para pengembang muda dongkrak pertumbuhan properti


Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat REI Paulus Totok Lusida menyebutkan untuk di daerah kerja sama melibatkan pengurus daerah REI, yakni Palembang (Sumatera Selatan) dan Bandung (Jawa Barat).

Selain itu Semarang (Jawa Tengah), Surabaya (Jawa Timur), Makassar (Sulawesi Selatan) bekerjasama dengan kantor BTN di wilayah masing-masing.

“Hari ini kita melakukan seremoni pembagian 1.800 paket sembako pemilihan lokasi itu mempertimbangkan besarnya sebaran wabah," kata Totok.

Totok juga menyampaikan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian sosial dari pelaku usaha terhadap masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi tersebut.

REI Sumsel telah menyalurkan alat pengaman diri (APD) berupa 450 unit baju hazmat, 18 boks T-glove dan satu ton beras yang diserahkan kepada Wakil Wali Kota Palembang.

Selanjutnya, DPD REI Jawa Barat memberikan bantuan berupa 450 paket sembako, 750 lembar masker dan 1.500 botol hand sanitizer kepada mitra kerja REI Jawa Barat. REI Sulawesi Selatan yang menyumbangkan 100 paket sembako dan 1.000 masker kain kepada para dai dan guru mengaji melalui Pusat Dakwah Muhammadiyah (PUSDIM) Kota Makassar.

Baca juga: BTN adakan pameran properti virtual sasar milenial
Baca juga: 230 ribu nasabah BTN telah direstrukturisasi kreditnya, terbanyak KPR


Menurut dia, momentum kali ini juga bertepatan dengan perayaan HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia serta peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) yang diperingati setiap 25 Agustus.

Selain enam provinsi tersebut, pihaknya juga sudah menyalurkan bantuan. DPD REI Riau yang telah menyalurkan APD berupa 400 unit baju hazmat kepada Ikatan Dokter Indonesia Provinsi Riau dan bantuan 800 paket sembako.

REI Yogyakarta juga telah menyalurkan 100 unit APD kepada Rumah Sakit Happy Land dan RS Lukito, penyediaan wastafel di Pemerintah Daerah (Pemda) Sleman, RS Sleman, RS Bethesda dan RSUD Yogyakarta serta pemberian sembako melalui Pemda Bantul.

DPD REI Bengkulu juga telah menyalurkan bantuan berupa uang tunai yang bekerjasama dengan Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bengkulu. DPD REI Kalimantan Selatan yang menyalurkan 100 hazmat, 100 "face shield" dan 250 paket sembako bagi masyarakat terdampak pandemi.

Bantuan yang disalurkan melalui DPD REI se-Indonesia diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19. "Kita ketahui bersama, kondisi perekonomian akibat efek pandemi ini luar biasa berat,” ujar Totok.
Baca juga: Usulan standarisasi IPL sulit diterapkan di DKI Jakarta
Baca juga: Proaktif, kunci mewujudkan tata ruang ideal
Pewarta : Ganet Dirgantara
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020