Selama ini proses penyaluran bantuan sosial kepada warga yang bermukim di daerah terpencil membutuhkan waktu lebih sehingga akan lebih efisien dan efektif apabila disalurkan sekaligus
Jakarta (ANTARA) - Pengamat kebijakan publik dari Universitas Trisakti Jakarta Trubus Rahadiansyah menyarankan pemerintah agar penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) bagi masyarakat yang tinggal di daerah terpencil dilakukan secara sekaligus.

"Kalau menurut saya daerah terpencil disalurkan sekaligus saja," katanya saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Sebab, kata dia, selama ini proses penyaluran bantuan sosial kepada warga yang bermukim di daerah terpencil membutuhkan waktu lebih sehingga akan lebih efisien dan efektif apabila disalurkan sekaligus.

Meskipun demikian, Trubus juga mengingatkan pemerintah dalam hal ini Kementerian Sosial (Kemensos) agar mengawasi secara ketat penyaluran tersebut.

"Jangan sampai bantuan bagi warga tersebut diselewengkan oleh oknum-oknum tertentu di tengah kemerosotan ekonomi masyarakat akibat pandemi COVID-19," katanya.

Ia menegaskan penyaluran BST dan bantuan sosial lainnya di 2021 harus betul-betul diawasi pemerintah karena berkaca dari sebelumnya rawan terjadi penyelewengan.

"Menurut saya di sinilah negara hadir. Jadi artinya negara memberikan perlindungan sosial kepada warga," kata Trubus Rahadiansyah.

Selain itu, sisi positif yang bisa muncul dari masyarakat adalah kepercayaan kepada negara bahwa mereka yang tinggal di daerah terpencil diperhatikan terutama saat pandemi.

Akselerasi penyaluran bantuan sosial, salah satunya dilakukan dengan cara menyalurkan BST sekaligus tiga bulan di wilayah Tertinggal, Terdepan, Terluar (3T).

Kemudian menambah durasi layanan pembayaran pembayaran BST di PT Pos Indonesia serta menambah loket dan titik lokasi layanan penyaluran di komunitas seperti kantor desa, sekolahan, pos RW dan sebagainya.

Baca juga: Mensos: BST untuk tambahan keluarga tapi jangan beli rokok

Baca juga: Pos Indonesia tambah titik penyaluran BST dan perpanjang waktu layanan

Baca juga: Mensos: Segera cairkan anggaran pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil

Baca juga: Merawat sinergi melalui penyaluran bansos kelompok terdampak

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020