Jayapura (ANTARA) - Lima anggota Polres Tolikara kibarkan Bendera Merah Putih dengan menggunakan paralayang di Kota Karubaga, Kabupaten Tolikara, Papua, Senin, guna memeriahkan HUT ke-75 Kemerdekaan RI.

"Usai pengibaran Bendera Merah Putih di Lapangan Merah Putih, Distrik Karubaga, Kabupaten Tolikara, sebanyak lima personel Polres Tolikara turut ambil bagian melaksanakan giat paralayang dengan mengibarkan Bendera Merah Putih di langit Kota Karubaga," kata Kapolres Tolikara AKBP Leonard Akobiarek ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Papua, Senin sore.

Kelima personel Polres Tolikara yang terlibat dalam kegiatan tersebut yakni Bripka Laode Abdul Salman, Brigadir David T Marweri, Bripka La Maludu, Bripda Muh Sultan dan Bripda Muh Adnan Alikhsan.

Baca juga: Badui Muslim gelar upacara HUT Kemerdekaan di kaki gunung kendeng
Baca juga: Manggala Agni Pekanbaru peringati HUT RI di sela pemadaman karhutla
Baca juga: Warga pesisir Tanjungpinang peringati HUT RI di kelong


"Penerjun atau di sebut paralayang mulai take off (lepas landas) dari Kampung Kolengger dengan masing-masing membawa Bendera Merah Putih dan spanduk bertulisankan Dirgahayu RI Ke-75 tahun, yang merupakan simbol kemerdekaan bangsa Indonesia yang diperingati untuk setiap tahunnya dengan melakukan pendaratan di Landasan Bandara Udara Karubaga serta Lapangan Merah Putih Karubaga," katanya.

Saat mendarat, kata dia, satu persatu peserta mendarat dengan sempurna disaksikan oleh Bupati Tolikara Usman G Wanimbo, Sekda Tolikara Anton Warkawani serta tamu undangan SKPD, tokoh agama, adat, pemuda serta ratusan masyarakat turut menonton dan melakukan foto bersama.

"Keunggulan personel kami tidak diragukan lagi karena dua peserta sudah pernah terlibat festival paralayang pada 2018 dan 2019 yang sudah keenam kalinya diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Tolikara lewat Dinas Parawisata dan Kebudayaan," katanya.

Bripka Laode Abdul Salman, pelatih merangkap peserta paralayang mengaku setiap hari melatih personel lainnya untuk kegiatan puncak hari ini.

"Tentunya kami sampaikan terima kasih atas dukungan secara moril baik dari Kapolres Tolikara maupun partisipasi masyarakat khususnya Kabupaten Tolikara sehingga semua giat paralayang terlaksana dengan baik," katanya.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020