Jakarta (ANTARA) - Ragam berita politik di Tanah Air pada Minggu (16/8) menarik dibaca kembali untuk mengawali informasi Anda pada pekan ini, di antaranya:

 

Bendera merah putih raksasa dikibarkan di batas Indonesia-Malaysia

 

Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) - Satuan tugas (Satgas) pengamanan perbatasan Yonif 133/YS bersama warga mengibarkan bendera merah putih raksasa atau berukuran besar, yakni 60 meter x 20 meter serta ratusan bendera merah putih ukuran kecil di tapal batas Indonesia - Malaysia, tepatnya di Bukit Sinduk, Kecamatan Batang Lupar, wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

 

"Bendera merah putih ukuran raksasa dan ukuran kecil itu kami kibarkan di sebuah bukit di tapal batas dalam rangka memeriahkan HUT ke-75 RI," kata Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 133/YS, Letkol Inf Hendra Cipta, dihubungi ANTARA di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Minggu.

 

Baca selengkapnya

 

Naskah asli proklamasi tulisan Soekarno akan ditampilkan di Istana

 

Jakarta (ANTARA) - Naskah asli teks proklamasi yang bertulis tangan sang Proklamator Insinyur Soekarno akan dihadirkan pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8)

 

Sekretariat Presiden dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) telah berserah terima arsip bersejarah tersebut pada hari Minggu untuk ditampilkan di mimbar kehormatan saat upacara berlangsung di halaman Istana Merdeka.

 

"Hari ini kita saksikan bersama satu lagi perjalanan bangsa Indonesia bahwa ANRI yang telah menyimpan, merawat, dan menyelamatkan arsip negara berupa tulisan tangan Bapak Ir. Soekarno mengenai pernyataan proklamasi pada saat ini diserahkan kepada kami, Sekretariat Presiden," kata Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden Rika Kiswardani di Gedung O ANRI dalam keterangan tertulis Sekretariat Presiden di Jakarta, Minggu.

 

Baca selengkapnya

 

Upacara bendera secara virtual peringati HUT ke-75 RI di Bogor

 

Bogor (ANTARA) - Pelaksanaan upacara bendera secara sederhana dan virtual memperingati hari ulang tahun ke-75 RI, dijadwalkan diselenggarakan pemerintah Kota Bogor di halaman Balai Kota Bogor, tepat pada peringatan kemerdekaan RI, Senin (17/8), mulai pukul 07.00 WIB.

 

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemerintah Kota Bogor, Rudiyana, melalui telepon selulernya di Bogor, Minggu mengatakan, upacara bendera memperingati puncak acara HUT ke-75 RI diselenggarakan secara langsung maupun tayangan langsung YouTube Pemerintah Kota Bogor.

 

Baca selengkapnya

 

Bamsoet: Jadikan momentum HUT RI untuk merdeka dari COVID-19

 

Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengajak seluruh elemen bangsa menjadikan momentum hari Kemerdekaan 17 Agustus untuk menggelorakan semangat merdeka dari cengkeraman pandemi COVID-19.

 

"Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah Indonesia merdeka, peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini harus dirayakan dengan cara berbeda karena faktor pandemi COVID-19. Namun, perbedaan cara itu hendaknya tidak mengurangi semangat semua elemen bangsa untuk menghayati makna dan tujuan perjuangan para pahlawan bangsa dalam mewujudkan kemerdekaan RI," ujar Bamsoet di Jakarta, Minggu (16/8).

 

Baca selengkapnya

 

Sekjen MUI dukung obat COVID-19 anak bangsa diberi izin edar

 

Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia Anwar Abbas mendukung kombinasi obat COVID-19 yang sedang dikembangkan anak bangsa dari Universitas Airlangga (Unair) bekerja sama dengan TNI AD dan Badan Intelijen Negara (BIN) agar segera diberi izin produksi dan izin edar oleh Pemerintah.

 

"Obat COVID-19 temuan anak bangsa harus kita dukung penuh untuk mendapatkan izin produksi dan izin edar," kata Abbas dalam rilis yang diterima di Jakarta, Minggu.

 

Baca selengkapnya

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2020