Kowani raih rekor MURI atas pemberdayaan perempuan selama pandemi

Kowani raih rekor MURI atas pemberdayaan perempuan selama pandemi

Kowani raih penghargaan dari MURI (ANTARA/HO- Dok Pri)

Jakarta (ANTARA) - Kongres Wanita Indonesia (Kowani) meraih penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas kiprahnya melakukan pemberdayaan kepada perempuan Indonesia selama pandemi COVID-19.

"Penghargaan ini didedikasikan kepada seluruh ormas perempuan di bawah Kowani, BKOW, dan seluruh perempuan Indonesia, " ujar Ketua Umum Kowani, Giwo Rubianto Wiyogo di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Kowani latih guru Paud selama proses belajar dari rumah

Dia menambahkan penghargaan Rekor MURI Dunia itu memberikan motivasi dan semangat bagi kaum perempuan Indonesia, khususnya Kowani untuk terus berkiprah dan berkontribusi bagi bangsa dan negara.

Penghargaan tersebut, lanjut dia, menunjukkan semangat kaum wanita Indonesia untuk tetap aktif bersemangat membantu mengatasi dampak pandemi COVID-19.

"Dengan pemberdayaan yang dilakukan, diharapkan perempuan Indonesia dapat bangkit di tengah pandemi COVID-19. Jika perempuan bangkit, dapat meningkatkan imun tubuh agar terhindar dari COVID-19," paparnya.

Pimpinan MURI, Jaya Suprana mengucapkan selamat kepada Kowani yang menciptakan rekor sebagai organisasi perempuan dengan kegiatan terbanyak dalam penanganan pandemi COVID-19. "Kami mengucapkan selamat atas diraihnya rekor MURI ini, " ujar Jaya Suprana.

Baca juga: Kowani ajak tokoh bantu pemerintah hadapi era adaptasi kebiasaan baru

Baca juga: Kowani: Pandemi momentum penerapan kesetaraan gender


Sejumlah kegiatan yang dilakukan Kowani, di antaranya membentuk Tim Solidaritas Bencana Nasional COVID-19 dengan melaksanakan sejumlah kegiatan yang aktif berkontribusi selama pandemi berupa rapid test untuk 1.000 anggota.

Kemudian, menggelar rapid test di di kantor Kementerian Sosial Jakarta, menggelar rapid test untuk 1.000 orang di Surabaya, memberikan bantuan berupa dana dan paket sembako untuk masyarakat terdampak COVID-19 bekerja sama dengan BUMN, BNI, dan Food Station, serta memberikan dukungan layanan sosial bagi 1.000 anak telantar tentang konseling.

Kowani juga aktif menggelar berbagai seminar nasional dan internasional dengan webinar selama pandemi yang memberi kontribusi dalam mengedukasi masyarakat.

Sebelumnya, Kowani juga meraih rekor MURI atas penyelenggaraan temu nasional organisasi perempuan terbanyak saat berlangsungnya International Council of Women 35th General Assembly dan Conference of Indonesian Women Organization di Yogyakarta pada 2018.

Baca juga: Kowani desak RUU Perlindungan PRT segera disahkan
Pewarta : Indriani
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020