Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan lembaganya akan menyampaikan laporan kinerja lembaga negara kepada masyarakat, yang telah disampaikan kepada MPR dalam Sidang Tahunan.

 

"Laporan kinerja tersebut akan kami sampaikan kepada masyarakat sebagai bentuk akuntabilitas dalam penyelenggaraan tugas konstitusional lembaga negara," kata Bamsoet, sapaan akrabnya, dalam Sidang Tahunan MPR RI, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat.


Baca juga: Bamsoet: MPR dukung pemerintah sinergikan kebijakan tangani pandemi

Baca juga: Bamsoet: Tugas MPR tetap terlaksana di masa pandemik



Ia menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada lembaga-lembaga negara yang telah menyampaikan dokumen laporan kinerja tentang pelaksanaan UUD NRI Tahun 1945 kepada publik.

 

Hal itu menurut dia sangat berguna bagi MPR dalam mendukung tugas konstitusional MPR sesuai amanat UUD NRI Tahun 1945 dan Undang-Undang MD3.

 

Dalam kesempatan itu, Bamsoet menyampaikan bahwa MPR mendapat apresiasi yang baik dari masyarakat terkait kinerja lembaga tersebut selama setahun lalu.

 

"Hasil survei yang dilakukan lembaga survei Indikator Politik dan survei yang dilakukan oleh Charta Politika Indonesia menyebutkan MPR masuk dalam 5 besar sebagai lembaga tepercaya setelah Tentara Nasional Indonesia, Presiden, Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan KPK," katanya.

 

Menurut dia, kepercayaan masyarakat tersebut akan menjadi dorongan bagi pimpinan dan anggota MPR untuk bekerja secara lebih sungguh-sungguh dalam mengemban amanat rakyat.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Sigit Pinardi
Copyright © ANTARA 2020