Jakarta (ANTARA) - Produsen ban Bridgestone membuat ban khusus untuk kendaraan listrik berkolaborasi dengan Volkswagen untuk menyambut datangnya tren mobil ramah lingkungan, khususnya di Eropa.

Berkolaborasi dengan Volkswagen, Bridgestone menciptakan ban Turanza Eco pertama yang dirangang khusus untuk mobil listrik Volkswagen ID.3 dan merupakan ban pertama yang memiliki bahan baku lebih sedikit dibanding ban biasanya.

Dengan teknologi ENLITEN yang ramah lingkungan, Turanza Eco memiliki hambatan gulir yang sangat rendah, sedangkan bobotnya pun lebih ringan, menurut Volkswagen dalam pernyataan resminya, Rabu.

Ban dengan teknologi ENLITEN memberikan hambatan gulir lebih rendah 30 persen dibanding ban musim panas premium lainnya. Hal ini berkontribusi pada kondisi mesin saat pembakaran hingga konsumsi bahan bakar dan saat emisi CO2, dan secara signifikan menghemat pemakaian baterai pada mobil listrik.

Baca juga: Bridgestone buka lagi toko resminya di Jakarta

Baca juga: Bridgestone "home service" hadir di Palembang


Dengan Teknologi ENLITEN, pemakaian ban Turanza Eco mampu menghemat bahan bakar/baterai hingga 20 persen dibandingkan dengan ban musim panas premium lainnya. Hal ini setara dengan penggunaan bahan baku yang 2kg lebih ringan dibandingkan dengan kebutuhan bahan baku ban regular, sebuah keuntungan tambahan dari sisi sumber daya dan lingkungan.

Selain dari kelebihan Teknologi ENLITEN, keselarasan antara material-material unik yang digunakan dalam menciptakan Teknologi ENLITEN dan proses pencampuran bahan baku unik dapat meningkatkan performa kompon tanpa mengenyampingkan pentingnya daya cengkram.

Kedua hal tersebut dikombinasikan dengan pola telapak tiga dimensi yang memaksimalkan kinerja saat berada di permukaan basah dan kering, yang berarti Teknologi ENLITEN mampu meningkatkan kendali kendaraan dan kenyamanan berkendara, dan dalam konteks ID.3, semua hal tersebut sesuai dengan target dari Volkswagen.

Pasar mobil listrik di Indonesia memang belum secemerlang mobil berbahan bakar pada umumnya. Hal ini berbanding terbalik dengan di Eropa, di mana peminat mobil listrik meningkat sebesar 58 persen pada kuartal pertama tahun 2020 dengan jumlah penjualan mencapai 220 ribu unit.

Baca juga: Bridgestone tangguhkan produksi 11 pabrik di Jepang

Baca juga: Ban "cerdas" Goodyear tertanam sensor untuk optimalkan jarak henti

Baca juga: Bridgestone Indonesia umumkan tiga hal baru
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020