Atas kejadian ini PT KCI mengambil langkah tegas dengan menutup sementara akses pintu masuk dan keluar di sisi selatan stasiun yang menuju JPM Pasar Tanah Abang. Penutupan berlangsung mulai 11 Agustus pada pukul 14.00 WIB setiap hari kerja.
Jakarta (ANTARA) - Akses masuk Stasiun Tanah Abang di sisi selatan ditutup sementara akibat kejadian calon penumpang yang memaksa masuk dan tidak mengindahkan protokol kesehatan serta jaga jarak pada Senin (10/8).

“Atas kejadian ini PT KCI mengambil langkah tegas dengan menutup sementara akses pintu masuk dan keluar di sisi selatan stasiun yang menuju JPM Pasar Tanah Abang. Penutupan berlangsung mulai 11 Agustus pada pukul 14.00 WIB setiap hari kerja,” kata Vice President Corporate Communications Anne Purba dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Anne mengatakan pada Senin (10/8) hingga pukul 19:00 malam tidak ada peningkatan jumlah pengguna di Stasiun Tanah Abang.

Baca juga: Menhub harap penataan Stasiun Pondok Ranji rampung sebelum April 2021

Dia menyebutkan jumlah pengguna KRL yang hendak naik dari Stasiun Tanah Abang turun jika dibandingkan Senin 3 Agustus lalu saat situasi kondusif sepenuhnya.

Hingga Senin (8/10) pukul 19.00 malam, pengguna yang masuk dari Stasiun Tanah Abang berjumlah 21.139 pengguna, atau turun tujuh persen dibanding Senin pekan lalu.

“Hingga pukul 7 malam pada Senin lalu, tercatat 22.595 pengguna yang hendak naik KRL dari Stasiun Tanah Abang,” ujarnya.

Baca juga: KCI bakal tambah stasiun wajib penggunaan Kartu Multi Trip

Selama penutupan akses pintu keluar-masuk ini, calon pengguna KRL yang akan masuk dan keluar stasiun hanya dapat melalui hall sisi utara Stasiun Tanah Abang.

Para calon pengguna juga diharuskan mematuhi protokol kesehatan yang harus dijalani saat akan naik KRL.

“Penyekatan antrean akan tetap dijalankan bila kondisi peron dan area stasiun sudah cukup padat untuk memungkinkan physical distancing di dalam kereta, sebagaimana yang selama ini sudah berjalan tertib di area integrasi antarmoda menuju masuk Hall Utara Stasiun Tanah Abang,” kata Anne.

Penyekatan dan antrean calon penguna KRL di beberapa stasiun padat lainnya sudah berjalan tertib selama tiga bulan terakhir ini.

Baca juga: Antisipasi KRL Senin, KCI buat penyekatan di Stasiun Tanah Abang

Pada Selasa (11/8) pagi hari penyekatan dan antrean calon pengguna KRL di sejumlah stasiun antara lain Bogor, Cilebut, Bojonggede, Citayam, dan Bekasi, berjalan dengan tertib. Begitu juga pada sore hari di Stasiun Jakarta Kota, Juanda, Sudirman dan Tebet para calon pengguna KRL dengan tertib mengantre untuk masuk stasiun dan KRL.

PT KCI mengimbau pengguna jasa untuk tetap tertib saat akan masuk ke stasiun dan di dalam KRL, mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan seperti pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk stasiun dan naik KRL, menggunakan masker, menjaga jarak antar pengguna baik di area stasiun maupun di dalam KRL, serta mengikuti marka dan arahan dari petugas di lapangan demi kesehatan bersama.

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020