Pengamat: Pilkada di Tanjabtim berpeluang lawan kotak kosong

Pengamat: Pilkada di Tanjabtim berpeluang lawan kotak kosong

Ilustrasi pemilih menyalurkan hak pilihnya di TPS. ANTARA/Darwin Fatir

Jambi (ANTARA) - Pengamat politik dari Provinsi Jambi, Mochammad Farisi, memprediksi bakal calon kepala daerah di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi berpeluang melawan kotak kosong.

“Sejauh ini belum ada bakal calon lain yang mencuat selain bupati dan wakil bupati definitif yang kembali mencalonkan diri pada pemilihan kepala daerah di Kabupaten Tanjung Jabung Timur,” kata dia, di Jambi, Senin.

Baca juga: Anggota DPR: Preseden buruk marak calon tunggal lawan kotak kosong

Baca juga: Anggota KPU: kotak kosong perlu aturan rinci


Dengan begitu, pemilihan kepala daerah di Kabupaten Tanjung Jabung Timur pada Desember mendatang hanya akan diikuti satu pasang bakal calon.

Pasangan bakal calon bupati Tanjung Jabung Timur itu merupakan pasangan bupati dan wakil bupati yang saat ini masih menjabat secara definitif, yaitu Romi Hariyanto dan Robbi Nahliansyah. Pasangan bupati-wakil bupati itu kembali mencalonkan diri menjadi calon kepala daerah melalui jalur perseorangan atau secara independen.

Baca juga: Petahana siap daftar Pilkada Jember lewat jalur perseorangan

Farisi menjelaskan, Haryanto  merupakan kader Partai Amanat Nasional (PAN). Saat ini PAN partai pemenang pada pemilu legislatif 2019 lalu di sana. Namun sejak dia maju mencalonkan diri menjadi bakal calon bupati melalui jalur independen, dia masih menjadi kader PAN.

Selain itu, belum ada nama nama lain yang mencuat untuk maju mencalonkan diri menjadi bakal calon bupati Tanjung Jabung Timur yang akan melawan pasangan petahanan itu. Ataupun calon yang diusung partai politik untuk maju dalam pemilihan kepala daerah di kabupaten itu.

Baca juga: Hendi lawan kotak kosong?

“Akan tetapi kita lihat sampai dengan tahapan pendaftaran di KPU, politik ini dinamis ya,” kata Farisi.

Pada pemilihan kepala daerah serentak pada Desember mendatang, ada lima pemilihan bupati dan wali kota di Provinsi Jambi dan satu pemilihan gubernur Jambi. Yaitu pemilihan bupati Tanjung Jabung Timur, Tanjung Jabung Barat, Batanghari, Bungo, pemilihan wali kota Sungai Penuh dan pemilihan gubernur Jambi.

Dari enam pemilihan bupati dan gubernur di daerah itu, hanya di Kabupaten Tanjung Timur yang terdapat pasangan bakal calon yang maju melalui jalur independen.

Baca juga: KPU: masyarakat Pati boleh kampanye kotak kosong

Pewarta : Muhammad Hanapi
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020