Palu (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI menyatakan penanggulangan dan pencegahan intoleransi, radikalisme dan terorisme dilakukan dengan berbasis pembangunan kesejahteraan.

"Saat ini dan ke depan fokus program penanggulangan berbasis pada pembangunan kesejahteraan masyarakat," ucap Kepala BNPT RI Komjen Pol Boy Rafli Amar di Palu, Senin, dalam rapat kordinasi dan silaturahmi BNPT dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Sulawesi Tengah.

Pola penanganan dan penanggulangan terorisme, radikalisme dan intoleransi berbasis pembangunan kesejahteraan dilakukan dengan melibatkan Tim Satgas Sinergitas Nasional dan Daerah, katanya.

Tim Sinergisitas Pencegahan dan Penanggulangan Terorisme di dalamnya terdapat 38 lembaga, kementerian, badan, forum dan masyarakat yang semuanya akan terlibat aktif dalam program berbasis pembangunan kesejahteraan masyarakat.

Lewat sinergisitas tersebut langkah pemberdayaan masyarakat akan lebih maksimal dilakukan dengan menggenjot beberapa sektor, termasuk sektor perkebunan, industri kecil dan menengah, serta sektor-sektor lainnya, katanya.

Baca juga: Kepala BNPT harapkan pokja buat cetak biru deradikalisasi
Baca juga: BNPT ajak masyarakat Banten rawat perdamaian cegah radikalisme
Baca juga: Akademisi: Pahami sejarah untuk kuatkan karakter kebangsaan


Boy Rafli Amar menyebut bahwa dengan pendekatan tersebut menjadi upaya memutus mata rantai agar warga di satu wilayah atau di satu kawasan yang di dalamnya ada indikasi gerakan intoleransi, tidak mengikuti gerakan atau paham tersebut.

"Dengan pendekatan ini, kita inginkan warga tidak mengikuti gerakan dan faham intoleransi, radikalisme dan terorisme, meski berada dalam satu kawasan atau satu wilayah," ujarnya.

Dia menerangkan, skema penanggulangan yang berbasis pembangunan kesejahteraan dilakukan dengan mengedepankan pembangunan fisik dan non-fisik. Program non-fisik di antaranya meliputi deradikalisasi, kontraradikal yang bertujuan agar paham-paham tersebut tidak berkembang.

Oleh karenanya, BNPT dan Satgas Sinergisitas akan terus bersama masyarakat untuk menguatkan nilai-nilai kebangsaan di masyarakat, katanya.

"Jadi ada literasi, FGD, edukasi, yang melibatkan seluruh komponen masyarakat dalam program pencegahan dan penanggulangan terorisme berbasis pembangunan kesejahteraan untuk program non-fisik," kata dia.

Dalam rencana aksi, ia menjelaskan terdapat tiga strategi pertama yakni kontraradikalisasi yang ditujukan terhadap kelompok atau orang pendukung, simpatisan dan masyarakat yang belum terpapar paham radikal, yaitu dengan melaksanakan kegiatan pencegahan.

Kedua, strategi deradikalisasi yang merupakan upaya menanggulangi paham radikal atau menurunkan kadarnya menjadi tidak radikal, pada kegiatan di dalam lembaga pemasyarakatan dan di luar lembaga pemasyarakatan.

Ketiga, pemenuhan sarana kontak yang merupakan strategi intelijen penggalangan dengan memfokuskan pada aspek pemenuhan sarana kontak, yang ditujukan untuk membantu membangun, memperbaiki, mengadakan, mengoptimalkan, mendukung sarana dan fasilitas umum secara terbatas.

Hal itu dilakukan melalui kerjasama BNPT, pemerintah provinsi, kementerian/lembaga dengan mengkoordinasikan kegiatan masing-masing sesuai kesepakatan dan koordinasi.

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020