Satu ASN Batang dinyatakan positif COVID-19

Satu ASN Batang dinyatakan positif COVID-19

Bupati Batang Wihaji didampingi Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Wahyu Budi Santosa, serta Kepala Protokol dan Pimpinan Komunikasi Triosy Juniarto saat berkunjung ke objek wisata Dolphin Center Jateng seiring akan dilakukan tatanan hidup normal baru. ANTARA/Kutnadi/aa.

Batang (ANTARA) - Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Muchlasin menginformasikan bahwa seorang aparatur sipil negara (ASN) Kabupaten Batang, Jawa Tengah, dinyatakan positif COVID-19.

"Berdasar hasil tes usap yang kita terima, ada satu ASN perempuan yang positif COVID-19. Saat ini yang bersangkutan menjalani isolasi mandiri," katanya di Batang, Senin.

Menurut dia, pada awalnya ASN tersebut menjalani tes cepat dan hasilnya dinyatakan reaktif sehingga yang bersangkutan selanjutnya pemeriksaan ditingkatkan melalui tes usap.

Kemudian, sebagai langkah antisipasi penyebaran dan pencegahan COVID-19, kata dia, tim gugus tugas melakukan pelacakan terkait dengan kegiatan yang telah dilakukan oleh seorang ASN tersebut.

"Hasilnya, ternyata riwayat perjalanan terakhir, ASN tersebut bersama rekan-rekannya berwisata ke Yogyakarta," kata Muchlasin.

Baca juga: Satu keluarga di Batang dinyatakan positif COVID-19
Baca juga: 13 staf klinis QIM Batang dinyatakan sembuh dari COVID-19


Berdasarkan hasil pelacakan juga diketahui, disebutkan ada satu peserta dari rombongan tersebut yang meninggal dunia. Dari hasil tesnya, juga positif terpapar COVID-19 dan jenazahnya sudah dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Kalisalak, Kecamatan Batang, Sabtu (8/8).

Muchlasin mengatakan saat ini, tim gugus tugas terus melakukan pelacakan terhadap rekan dari ASN tersebut yang bersama-sama melakukan perjalanan ke luar kota serta penyemprotan disinfektan di lingkungan pemkab setempat.

Selain itu, kata dia, tim gugus tugas juga akan melakukan tes cepat pada pihak keluarganya sebagai upaya mengantisipasi penularan maupun penyebaran COVID-19.

"Adapun jumlah kasus COVID-19, sebanyak 115 kasus terdiri atas 32 orang dirawat, 72 sembuh, dan 11 orang meninggal dunia," katanya.

Baca juga: Polres Batang bentuk 25 Kampung Siaga COVID-19
Baca juga: Kabupaten Batang coba penerapan tatanan normal baru di pasar

 
Pewarta : Kutnadi
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020