TCS berikan akses layanan belajar virtual gratis di Indonesia

TCS berikan akses layanan belajar virtual gratis di Indonesia

Platform "TCS iON Digital Glass Room". (ANTARA/TCS)

Jakarta (ANTARA) - Perusahaan layanan, konsultasi, dan solusi bisnis TI, Tata Consultancy Services (TCS) meluncurkan layanan pembelajaran virtual "TCS iON Digital Glass Room" secara gratis untuk institusi pendidikan di seluruh Indonesia.

TCS mengidentifikasi adanya kebutuhan yang mendesak akan akses teknologi pada sektor pendidikan di Indonesia, untuk mendukung para guru, dosen, siswa dan mahasiswa yang terpengaruh oleh pandemi global.

Baca juga: Pakai Google Classroom, begini langkah-langkah buat kelas daring

Baca juga: Ruangguru buka fitur gratis dukung PJJ


"Para pendidik di Indonesia sekarang dapat memanfaatkan disrupsi teknologi untuk mengubah pendidikan melalui pembelajaran online tanpa terputus selama pandemi yang saat ini terjadi," kata Country Head TCS Indonesia, Bhavin Zaveri melalui keterangannya, Selasa.

"Guru, dosen, siswa dan mahasiswa dapat terus memanfaatkan teknologi digital untuk memfasilitasi lingkungan belajar dan mengajar virtual dan tetap melanjutkan kurikulum mereka baik saat pandemi maupun di kemudian hari," ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, Zaveri berpendapat bahwa jalur digital ini akan dapat membantu menyiapkan siswa dan mahasiswa untuk jenis pekerjaan yang baru muncul di lapangan kerja setelah COVID-19.

"TCS iON Digital Glass Room" pun memungkinkan para guru, dosen, siswa dan mahasiswa untuk terhubung pada lingkungan virtual yang aman, di mana sekolah atau universitas dapat dengan cepat beralih dari ruang kelas fisik ke ruang kelas digital.

Guru/dosen dapat terhubung dengan siswa/mahasiswa secara langsung dengan membagikan mata pelajaran sekolah atau kuliah, video, lembar kerja siswa/mahasiswa, tugas dan penilaian, sambil menggunakan metode interaktif seperti pemungutan suara, debat, kuis, survei, dan lainnya.

Dengan platform ini, guru dan dosen dapat memanfaatkan format yang mudah digunakan untuk pengumpulan data pendidik dan peserta didik di setiap ruang kelas dan untuk mendapatkan informasi tentang perkembangan pembelajaran dan perilaku peserta didik melalui analitik.

"TCS iON Digital Glass Room" juga telah terintegrasi dengan 2 platform konferensi pihak ketiga. Kemampuan platform konferensi ini dapat diakses melalui platform TCS iON.

Pengguna dapat mengunjungi laman https://www.tcsion.com/Glassroom, kemudian daftarkan sekolah/universitas dengan memilih pilihan "Daftarkan Sekolah Anda" atau "Daftarkan Universitas Anda".

Lalu, ajukan permintaan dan pengguna akan menerima email pada akun email terdaftar yang akan menjelaskan informasi tambahan terkait kebutuhan untuk mempersiapkan "TCS iON Digital Glass Room".

Baca juga: Mendikbud: KBM tatap muka pembelajaran paling efektif

Baca juga: Telkomsel perluas paket ilmupedia untuk belajar online

Baca juga: Tips pakai Google Classroom "offline" untuk guru dan murid
Pewarta : Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020