Restoran pizza di Spanyol gunakan aplikasi sebagai pelayan virtual

Restoran pizza di Spanyol gunakan aplikasi sebagai pelayan virtual

Staf mengambil pesanan pizza di dekat iPad dengan aplikasi "Funky Pay," yang membantu melacak pesanan pelanggan dan menggantikan pelayan di restoran Funky Pizza, di Palafrugell, Spanyol, Jumat (31/7/2020). (REUTERS)

Jakarta (ANTARA) - Sebuah restoran yang berlokasi di timur laut pantai Mediterania Spanyol mempelopori pengalaman bersantap yang memungkinkan pelanggan untuk menghindari kontak langsung dengan staf dan meminimalkan risiko penularan virus corona.

Pelanggan di Funky Pizza, di Palafrugell, Costa Brava, kini dapat menelusuri menu, memesan dan membayar melalui aplikasi "Funky Pay" di ponsel mereka.

"Melalui sistem ini kami mencoba menjaga jarak fisik dengan pelanggan kami, yang merupakan apa yang disarankan selama COVID-19," kata pemilik restoran Carlos Manich, dikutip dari Reuters, Selasa.

Pelayan memang masih dibutuhkan untuk menyajikan pesanan ke meja pelanggan. Sementara, staf mengelola pesanan di layar dari balik meja.

Restoran harus beradaptasi dengan aturan menjaga jarak sosial yang membuat restoran hanya menghadirkan layanan meja saja. Restoran juga harus mengingatkan pelanggan untuk tetap memakai masker setiap saat ketika tidak berada di meja.

"Aplikasi ini sangat user-friendly ... dan Anda juga dapat melacak pesanan Anda dan melihat kapan pesanan ada di dapur atau kapan akan tiba," kata Claudia Medina (26) yang sedang makan di restoran tersebut.

Namun, beberapa pelanggan tidak setuju. "Menurut saya, kita kehilangan perasaan dengan pelayan, misalnya ketika Anda memesan, Anda tidak dapat bertanya tentang preferensi atau jumlah yang berbeda," kata pelanggan restoran, Javier Comas (26).

Baca juga: Restoran daging ular ternama di Hong Kong ditutup karena virus corona

Baca juga: Restoran ini pakai manekin untuk jaga jarak, juga display jualan baju

Baca juga: Koki di Hanoi buat kreasi "Coronaburger"


 
Pewarta : Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020