Ketua MPR dorong kampanye protokol kesehatan disertai edukasi

Ketua MPR dorong kampanye protokol kesehatan disertai edukasi

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat Sosialisasi Empat Pilar MPR RI kepada pelajar pecinta alam SMA 68 Jakarta, Sabtu (25/7/2020). ANTARA/Handout/aa.

Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong kampanye protokol kesehatan yang dilakukan pemerintah dilengkapi dengan edukasi dan rekayasa sosial.

"Saya mendorong agar dalam mengampanyekan protokol kesehatan dilengkapi dengan edukasi kepada masyarakat dan rekayasa sosial, seperti simulasi menjaga jarak yang benar dan mencuci tangan," kata Bamsoet dalam siaran pers di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Bamsoet dorong Kemenkes segera susun dan tetapkan DIPA anggaran 2021

Dia mengatakan penegakan peraturan untuk pelanggar protokol kesehatan juga harus diterapkan, sehingga tidak terjadi pengabaian atau ketidakpatuhan dalam melaksanakan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Bamsoet juga mendorong pimpinan kementerian dan lembaga (K/L) segera melaksanakan instruksi Presiden terkait sosialisasi protokol kesehatan kepada jajaran di bawah, termasuk kepada masyarakat, sehingga protokol kesehatan dapat dilaksanakan dan dipahami dengan baik dan disiplin oleh masyarakat.

Baca juga: Bamsoet dorong Kemenkes tingkatkan keamanan tenaga medis

Baca juga: Ketua MPR dorong pemerintah fokus realisasi vaksin COVID-19


Selain itu, dia juga mendorong pimpinan organisasi kemasyarakatan dapat berpartisipasi melaksanakan secara disiplin instruksi Presiden terkait protokol kesehatan kepada seluruh anggota organisasi dan keluarganya, termasuk melibatkan organisasi pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (PKK) dalam mengampanyekan protokol kesehatan guna membangun kesadaran masyarakat.
Pewarta : Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020