Rusia mulai memproduksi vaksin COVID-19 November

Rusia mulai memproduksi vaksin COVID-19 November

Ilustrasi - Peneliti berupaya menciptakan vaksin virus corona. (ANTARA/Shutterstock/am)

Petropavlovsk-Kamchatskiy (ANTARA) - Pusat Penelitian Virologi dan Bioteknologi Rusia, Vektor, berencana memulai produksi vaksin untuk penyakit COVID-19 pada November mendatang.

Kepada lembaga penyiaran negara, Rossiya 1, Direktur Jenderal Vektor Rinat Maksyutov mengatakan bahwa transisi bertahap, dari vaksinasi kelompok khusus dan berisiko, ke vaksinasi massal diharapkan dapat dilakukan pada akhir tahun ini dan awal 2021.

"Kami berharap untuk memulai produksi pada November tahun ini. Oleh karena itu, semakin dekat ke akhir tahun dan awal tahun berikutnya, kita dapat berbicara tentang transisi dari vaksinasi kelompok berisiko, paling tidak, ke vaksinasi massal," ujar Maksyutov dalam pidato televisi yang disiarkan Minggu (2/8).

Sehari sebelumnya, Menteri Kesehatan Rusia Mikhail Murashko mengatakan bahwa pemerintah mengharapkan tahap pertama produksi vaksin akan dimulai pada Oktober. Ia juga menegaskan kembali bahwa vaksinasi akan disediakan secara gratis di Rusia.

Wakil Perdana Menteri Tatyana Golikova awal pekan ini mengatakan bahwa dua kandidat vaksin yang dikembangkan Rusia sedang berpacu menuju garis akhir, yaitu satu dari Institut Penelitian Gamaleya dan yang lainnya dari Vektor.

Sumber: OANA/Sputnik

Baca juga: Rusia siapkan vaksinasi massal virus corona pada Oktober

Baca juga: Putin sebut Rusia tangani virus corona lebih baik daripada AS

Baca juga: Trump bersedia bermitra dengan China soal vaksin COVID-19


 

Satgas COVID-19 bentuk tim pakar vaksin dan obat

Pewarta : Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2020