kami berharap seluruh warga binaan yang ada di Rutan Cipinang bisa merayakan Idul Adha walaupun masih dalam suasana COVID-19
Jakarta (ANTARA) - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menyerahkan lima ekor sapi kurban kepada warga binaan di sejumlah lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan di Jakarta, Jumat.

Sapi kurban tersebut diserahkan secara simbolis di Rutan Cipinang, Jakarta Timur untuk disembelih dalam rangka memaknai perayaan Idul Adha 1440 Hijriah/ 2020 Masehi.

Baca juga: Al Azhar salurkan hewan kurban ke 75 pos di wilayah Jabodetabek

"Dengan penyerahan hewan kurban ini, kami berharap seluruh warga binaan yang ada di Rutan Cipinang bisa merayakan Idul Adha walaupun masih dalam suasana COVID-19," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Liberty Sitinjak di Jakarta.

Dikatakan Sitinjak langkah itu diambil karena hingga saat ini pihaknya masih menghentikan kunjungan keluarga warga binaan.

"Sehingga dengan menyiapkan kurban di dalam lapas dan rutan, diharapkan bisa sedikit mengobati kekangenan mereka," ujarnya.

Baca juga: Ada 58 titik pemotongan hewan kurban di Jakarta Pusat

Selain menyiapkan hewan kurban, kata Sitinjak, pihak lapas maupun rutan juga tetap menggelar solat Idul Adha.

Namun pelaksanaan yang dilakukan tetap mengedepankan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Kami pun bersyukur, dengan protokol kesehatan yang terus dijalankan, semua rutan dan lapas aman, kecuali Rutan Pondok Bambu saja," ujarnya.

Baca juga: Total hewan kurban di Jakarta Timur capai 32.403 ekor

Sitinjak berharap situasi ini bisa terus dipertahankan dan terus dilakukan pembenahan.

"Makanya sampai hari ini kita masih menutup semua kunjungan sampai menunggu keputusan dari Pak Menteri dan Pak Dirjen PAS. Kami sendiri juga terus berkoordinasi dengan Gubernur DKI," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020