Rekind dukung program ketahanan pangan warga Jakarta

Rekind dukung program ketahanan pangan warga Jakarta

Direktur SDM & Pengembangan Usaha Rekind, Triyani Utaminingsih (kiri) melakukan panen sayur hasil budidaya warga Kelurahan Pengadegan, Pancoran, Jakarta Selatan. ANTARA/HO-PT Rekind/am.

Jakarta (ANTARA) - PT Rekayasa Industri (Rekind) mendukung program keberlanjutan dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat di wilayah DKI Jakarta.

"Kami bantu pemasaran hasil pertanian warga RW 01, Kelurahan Pengadegan, Pancoran Jakarta Selatan," kata Direktur SDM & Pengembangan Usaha Rekind, Triyani Utaminingsih dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan, hal itu dilakukan sebagai wujud pembinaan kepada masyarakat, termasuk membuka hubungan kemitraan antara masyarakat Pengadegan dengan mitra binaan Rekind lainnya.

"Hasil bercocok tanam dan panen ikan air tawar masyarakat ini dikemas dan dikelola untuk dijual-belikan dengan mitra binaan terkait. Sehingga ada harapan, untuk menjalankan roda perekonomian masyarakat," ujarnya saat kegiatan "Panen Bersama" dengan warga Kelurahan Pengadegan itu.

Baca juga: Akibat COVID-19, pertumbuhan ekonomi Jakarta turun

Jauh sebelum muncul Pandemi, warga sudah aktif dalam kegiatan menanam berbagai jenis sayuran melalui media hydroponik dan memelihara beberapa jenis bibit ikan air tawar di gang-gang sempit.

Namun, belum banyak pihak yang membuka tangan untuk menangkap peluang akan keberlanjutan kegiatan kemandirian masyarakat tersebut.

Untuk itu, anak usaha PT Pupuk Indonesia tersebut hadir sebagai penyelaras semangat yang ditunjukkan masyarakat untuk bisa hidup lebih mandiri dan bermanfaat, terutama dalam situasi merebaknya Covid-19 yang berdampak kurang baik bagi perekonomian.

"Tanggung jawab sosial kami dilakukan sejalan dengan program pengembangan sosial dan kemasyarakatan, yang tujuannya meningkatkan kesejahteraan serta kualitas hidup masyarakat melalui program kemitraan dan bina lingkungan," ujar Dirut Rekind Yanuar Budinorman secara terpisah.

Baca juga: Rekind siap bangkitkan pelaku UMKM

 
Pewarta : Subagyo
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020