Anggota DPR jembatani aspirasi mahasiswa Papua terkait beasiswa

Anggota DPR jembatani aspirasi mahasiswa Papua terkait beasiswa

Anggota DPR RI Yan Permenas Mandenas (kanan) saat memberikan bantuan sembako peduli COVID-19 kepada mahasiswa asal Papua Barat yang melakukan studi di Kota Malang, Selasa (28-7-2020). ANTARA/dokumentasi pribadi/Yan P.M.

Jakarta (ANTARA) - Anggota DPR RI Fraksi Gerindra Yan Permenas Mandenas akan menjembatani aspirasi mahasiswa asal Papua dan Papua Barat yang melakukan studi di Kota Malang dengan kepala daerah masing-masing terkait dengan keterlambatan pembayaran beasiswa.

"Keseriusan kepala daerah maupun satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang kurang menyerapi persaoalan mahasiswa selama ini akan kita lihat," kata Yan dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Persoalan keterlambatan pembayaran beasiswa tersebut terungkap saat dia mengunjungi mahasiswa asal Papua dan Papua Barat yang sedang menempuh studi di Malang, Senin (27/7).

Baca juga: Mahasiswa Papua serukan cinta NKRI dan patuhi hukum

Menurut Yan, keluhan yang disampaikan mahasiswa Papua-Papua Barat itu hampir semuanya sama, yaitu terkait dengan keterlambatan pembayaran beasiswa, dana pendidikan, hingga keterbatasan tempat tinggal atau asrama.

Kapasitas sebagai perwakilan orang Papua di DPR RI, kata dia, akan dipertanggungjawabkan untuk urusi hal-hal penting bagi masyarakat Papua.

"Kami akan mendesak agar pemerintah daerah bisa cepat menjawab aspirasi adik-adik ini sehingga mereka bisa belajar dengan tenang," kata anggota Komisi I DPR RI itu.

Yan Mandenas menggelar Aksi Peduli COVID-19 dengan mengunjungi mahasiswa asal Papua dan Papua Barat yang sedang menempuh studi di Kota Malang, Senin sampai Selasa (27—28 Juli).

Dalam kesempatan itu, Yan Mandenas bertemu dengan mahasiswa Papua asal Kabupaten Biak, Yapen, Supiori, Yahukimo, Puncak, Tolikara, Kota Jayapura, Yalimo, dan Boven Digul.

Baca juga: Ganjar beri bantuan mahasiswa Papua di Semarang saat pandemi COVID-19

Selain itu, Yan juga mengunjungi dua asrama mahasiswa Papua Barat asal Manokwari, Tambraw, Teluk Bintuni.

Dalam Aksi Peduli COVID-19 itu, Yan membagikan paket sembako dan juga berdiskusi menyerap aspirasi para mahasiswa asal Papua dan Papua Barat.

Pewarta : Imam Budilaksono
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020