Hari Anak Nasional, BRG-Kemendikbud rayakan kecintaan anak akan gambut

Hari Anak Nasional, BRG-Kemendikbud rayakan kecintaan anak akan gambut

Deputi Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi, dan Kemitraan BRG, Dr. Myrna Safitri dalam pengumuman virtual kompetisi Gambut OKE yang diadakan bersama Kemendikbud merayakan Hari Anak Nasional di Jakarta, Kamis (23/7/2020). (ANTARA/Prisca Triferna)

Jakarta (ANTARA) - Badan Restorasi Gambut (BRG) dan Pusat Penguatan Karakter Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengumumkan pemenang Kompetisi Gambut OKE yang diadakan dalam rangka Hari Anak Nasional 2020 yang jatuh pada Kamis (23/7).

"Melalui kompetisi ini kita melihat kemampuan yang sangat luar biasa dari anak-anak Indonesia, kemampuan yang ditunjukkan dari karya yang sangat kreatif yang menunjukkan betapa cintanya anak-anak pada lingkungan hidup dan khususnya pada ekosistem gambut kita," kata Deputi Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi, dan Kemitraan BRG, Dr. Myrna Safitri dalam acara pengumuman virtual di Jakarta pada Kamis.

Gambut OKE sendiri merupakan singkatan dari Gerakan Anak Melestarikan Gambut Indonesia dengan Karakter daerah. Kompetisi itu telah diikuti oleh 400 orang yang bersaing di tiga kategori yaitu video gambut, cerita gambut dan potret gambut.

Baca juga: Menguatkan masyarakat untuk mengatasi karhutla

Baca juga: BRG perkuat ekonomi melalui pengembangan industri desa gambut


Peserta lomba sendiri adalah anak dalam jenjang sekolah dasar sampai mahasiswa dengan usia maksimal 18 tahun.

Menurut Mryna, kompetisi tersebut menarik perhatian banyak peserta, tidak hanya dari anak-anak yang berasal dari provinsi dengan lahan gambut tapi juga daerah-daerah lain yang tidak memilikinya.

Hal itu, kata dia, menunjukkan anak-anak di Indonesia memiliki kepedulian yang sangat tinggi akan lingkungan terutama ekosistem gambut dan masyarakat yang ada di dalamnya.

"Karya-karya yang kalian kirimkan, tidak bisa dibohongi, itu menunjukkan betapa cintanya kalian semau kepada negeri ini, kepada lingkungan yang kita miliki," kata Mryna dalam konferensi virtual yang diikuti oleh para peserta kompetisi tersebut.

Kategori video gambut dimenangkan oleh Farhan Naufal dari Riau sebagai juara pertama dengan vlog tentang gambut, Arkana dari Kalimantan Timur meraih posisi kedua dan Wynnie Sandiawan dari Jakarta di tempat ketiga masing-masing dengan video edukasi tentang gambut.

Kategori cerita gambut dimenangkan oleh Joanna Letycia dari Jawa Tengah sebagai juara pertama, Tiara Ramadhani dari Kalimantan Tengah di posisi kedua dan Kinaya Maulidia dari DKI Jakarta di posisi ketiga.

Kompetisi potret gambut dimenangkan oleh Raisa Zahir dari Jambi dengan foto petugas memadamkan api di lahan gambut meraih juara pertama, Risky Antonio dari Riau meraih tempat kedua dengan foto anak di lahan gambut di Pekanbaru serta Novia Ananda dari Riau di posisi ketiga dengan foto keadaan lahan gambut di kampung halamannya.*

Baca juga: Cegah karhutla di Sumsel, KPH dijadikan andalan

Baca juga: BRG ingatkan ancaman karhutla di tengah pandemi COVID-19
Pewarta : Prisca Triferna Violleta
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020