Jakarta (Antara) -- Menyambut fase pascapandemi Covid-19 atau normal baru, seluruh pelaku industri dituntut untuk bisa beradaptasi dengan perubahan, atau tergerus secara perlahan tapi pasti.

Hal ini disampaikan oleh Presiden Direktur Maybank Indonesia Taswin Zakaria di Webinar Economic Outlook 2020 di Jakarta, Rabu.

"Survival bisnis sangat bergantung pada kemampuan dan kecepatannya untuk beradaptasi dengan kondisi pasar agar dapatmempertahankan kelangsungan, produktivitas maupun menjaga profitabilitas bisnis," ujarnya. 

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak pertengahan Maret lalu mendisrupsi kebiasaan masyarakat dalam beraktivitas. Penerapan protokol kesehatan oleh pemerintah tak pelak mewajibkan masyarakat untuk melakukan social distancing. 

Taswin melanjutkan, hal ini telah menghambat aktivitas perdagangan, supply chain, distribusi produk dan jasa di hampir semua industri.

"Artinya terdapat pergeseran pola konsumsi masyarakat yang harus dilihat sebagai peluang positif dan menjadi strategi baru yang efektif untuk menghadapi pasar di era normal baru," tuturnya.

Diskusi ini didukung oleh sejumlah pebisnis terkemuka di Tanah Air, yang diantaranya CEO, PT Kalbe Farma Tbk Vidjongtius; CEO, Blibli.com Kusumo Martanto; Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman; dan CEO DANA Vincent Iswara.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2020