Sorong (ANTARA) - Sebanyak 23 tenaga kesehatan yang ada di kota Sorong, Provinsi Papua Barat, dinyatakan positif Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Sorong, Ruddy Rudolf Lakku di Sorong, Selasa, mengatakan jumlah pasien positif di kota Sorong telah mencapai 150 orang.

Dari keseluruhan pasien positif tersebut terdapat 23 tenaga kesehatan yang bertugas baik di rumah sakit maupun puskesmas yang ada di kota Sorong.

"Jadi total ada 23 tenaga kesehatan dari keseluruhan pasien positif COVID-19 yang saat ini sedang menjalani karantina," ujarnya.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 Kota Sorong mencapai 129 orang

Baca juga: Sepekan, hoaks jamaah berangkat haji hingga seleksi Guru Penggerak


Ia menjelaskan bahwa pasien positif yang sembuh mengalami peningkatan signifikan. Dari total 150 pasien positif virus Corona sebanyak 70 orang telah sembuh.

Dikatakan bahwa hingga 21 Juli 2020 jumlah orang tanpa gejala (OTG) sebanyak 691 orang, orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 52 yang sedang dalam proses pemantauan. Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) 11 orang yang sedang dalam perawatan.

Rudy mengungkapkan bahwa transmisi atau penyebaran lokal telah terjadi di kota Sorong sehingga diimbau kepada masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Penanganan dan pencegahan penyebaran virus Corona adalah tanggung jawab kita bersama. Rajin cuci tangan, selalu gunakan masker, serta menerapkan pola hidup sehat demi melindungi diri dan keluarga," kata dia.*

Baca juga: Bantu warganya pulang, Kolombia apresiasi GTPP COVID-19 Kota Sorong

Baca juga: Tak punya SIM penumpang KM Sinabung kabur tinggalkan tas ransel

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020