Bertambah 11 kasus baru positif COVID-19 di Riau

Bertambah 11 kasus baru positif COVID-19 di Riau

Dokumentasi - Petugas medis melakukan pemeriksaan cepat (rapid test) COVID-19 terhadap sejumlah pedagang di Pasar Botania 2, Batam, Kepulauan Riau, Jumat (15/5/2020). ANTARA FOTO/M N Kanwa/aa.

Provinsi Riau (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan ada tambahan 11 kasus baru COVID-19 dari hasil pemeriksaan 485 sampel di labortorium RSUD Arifin Achmad dan rumah sakit swasta di Pekanbaru.

"Hari ini terdapat 11 kasus positif COVID-19 yang berasal dari beberapa kabupaten kota di Riau dan lima di antaranya merupakan warga luar Riau," kata Mimi dalam keterangannya di Pekanbaru, Senin.

Baca juga: Lima warga Palembang positif COVID-19 di Riau

Menurut dia, sebanyak 11 kasus positif COVID-19 di Provinsi Riau itu adalah pasien 262 berinisial RA (35). Ra terkomfirmasi melalui rapat tes reaktif saat melakukan pengurusan persyaratan keluar kota. Setelah dilakukan pemeriksaan swab sebanyak dua kali, RA dinyatakan positif. Sedangkan riwayat perjalanan RA memiliki perjalanan dari Bukittinggi Provinsi Sumatera Barat.

Selanjutnya, pasien 263 positif COVID-19 di Riau adalah Tn EES (33) yang merupakan warga Kota Pekanbaru dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. Tn EES datang ke salah satu rumah sakit di Kota Pekanbaru dengan keluhan nyeri kepala, nyeri ulu hati sejak 1 hari sebelum datang ke rumah sakit dan muntah.

Baca juga: Tinggal 5 kabupaten/kota di Riau masih rawat pasien positif COVID-19

"Tn EES dilakukan pemeriksaan swab pada tanggal 15 Juli 2020 dengan dinyatakan positif COVID-19. Belum diketahui riwayat penularan dari Tn EES karena tidak memiliki riwayat perjalanan dan riwayat kontak erat dengan pasien positif COVID-19," katanya.

Pasien 264 positif COVID-19 di Riau adalah Tn H (30) yang merupakan warga Provinsi Sumatera Selatan yang bekerja di salah satu perusahaan di Kabupaten Siak dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. Tn H melakukan rapid test mandiri untuk keperluan kembali ke Kota Palembang dengan hasil reaktif dan dilanjutkan pemeriksaan swab pada 16 Juli 2020 di salah satu rumah sakit swasta di Kota Pekanbaru dengan hasil dinyatakan positif COVID-19. Tn H  memiliki riwayat perjalanan dari Sumatra Selatan pada 7 Juli 2020.

Baca juga: Selama pandemi, 1.357 mahasiswa kurang mampu di Riau dapat bansos

Pasien 265 positif COVID-19 di Riau adalah Tn A (30) yang merupakan warga Sumatra Selatan yang bekerja di salah satu perusahaan di Kabupaten Siak dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. Tn. A pernah melakukan kontak erat dari kasus positif ke-242 yakni Tn R (26) yang merupakan warga Sumatra Selatan.

Pasien 266 positif COVID-19 di Riau adalah Ny FA (29) yang merupakan warga Provinsi Sumatra Selatan yang bekerja di salah satu perusahaan yang ada di Kabupaten Siak dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. Ny FA (29) merupakan kontak erat dari kasus positif ke-242 Tn R (26) yang merupakan warga Provinsi Sumatera Selatan.

Setelah itu, pasien 267 positif COVID-19 di Riau adalah Tn RP (31) yang merupakan warga Provinsi Sumatra Selatan yang bekerja di salah satu perusahaan di Kabupaten Siak dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. Tn RP merupakan kontak erat dari kasus positif ke-242 Tn R (26) yang merupakan warga Provinsi Sumatra Selatan.

Pasien 268 positif COVID-19 di Riau adalah Tn S (36) yang merupakan warga Provinsi Sumatera Selatan yang bekerja di salah satu perusahaan yang ada di Kabupaten Siak. Tn Saya (36) merupakan kontak erat dari kasus positif ke-242 Tn R yang merupakan warga Provinsi Sumatera Selatan.

Pasien 269 positif COVID-19 di Riau adalah Ny EM (35) yang merupakan warga Kabupaten Kampar dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Kampar. Ny EM melakukan rapid test yang dilakukan oleh tempat bekerja Ny EM dengan hasil reaktif dan dilanjutkan swab pada 15 Juli 2020 dengan hasil dinyatakan positif COVID-19. Belum diketahui riwayat penularan dari Ny EM karena tidak memiliki riwayat perjalanan dan riwayat kontak erat dengan pasien positif COVID-19.

Pasien 270 positif COVID-19 di Riau adalah bayi MAM (3 bulan) berjenis kelamin laki-laki yang merupakan warga Kabupaten Bengkalis dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Bengkalis. Bayi MAM baru kembali dari Kota Medan pada 11 Juli 2020. Dilakukan rapid test pada bayi MAM dengan hasil reaktif dan dilanjutkan pemeriksaan swab pada 14 Juli 202 dengan hasil dinyatakan positif COVID-19. Belum diketahui riwayat penularan dari bayi MAM karena tidak memiliki riwayat kontak erat dengan pasien positif COVID-1.

Pasien 271 positif COVID-19 di Riau adalah Ny N (31) yang merupakan warga Kabupaten Rokan Hulu dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Rokan Hulu. Ny N merupakan seorang tenaga kesehatan di Kabupaten Rokan Hulu. Ny N dinyatakan positif COVID-19 setelah mengikuti swab massal. Ny N memiliki riwayat perjalanan dari Sumatra Utara pada 1 Juni 2020 dan belum diketahui riwayat kontak erat dengan pasien positif COVID-19.

Pasien 272 positif COVID-19 di Riau adalah Tn SAH (30) yang merupakan warga Provinsi Jambi. Tn SAH datang ke rumah sakit dengan keluhan sakit tenggorokan dan lemas dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Pelalawan. Tn SAH dilakukan rapid test untuk syarat kembali masuk bekerja di salah satu perusahaan swasta di Kabupaten Pelalawan, dimana hasil rapid test dinyatakan reaktif dan dilanjutkan pemeriksaan swab pada 16 Juli 2020 dengan hasil dinyatakan positif COVID-19. Tn SAH memiliki riwayat perjalanan dari Provinsi Jambi pada 16 Juli 2020.
Pewarta : Frislidia
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020