Makassar (ANTARA) - Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sulawesi Selatan menempatkan 15 hidran umum berkapasitas 2.000 liter air untuk melayani kebutuhan air korban banjir di Masamba, Luwu Utara.

Kepala BPPW Sulsel Ahmad Asiri di Makassar, Senin, mengatakan pihaknya sehari setelah kejadian langsung bergerak mengirimkan mobil tangki dan hidran untuk mengatasi persoalan air bersih masyarakat terdampak.

"Sejak terjadi Senin (13/7) malam, kami langsung bergerak Selasa. Sudah turun tim untuk membantu penanganan air bersih," katanya.

Ia menjelaskan, awalnya hanya mengirimkan satu armada tangki air 10 tandon, hidran kapasitas 2.000 liter.

Baca juga: Unhas siapkan dosen muda bantu korban banjir Luwu Utara
Baca juga: IDI Makassar kirim bantuan tahap tiga ke Masamba


Namun berdasarkan koordinasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lutra, kata dia, pihaknya diminta untuk melayani posko utama di Masamba, dan dapur umum para pengungsi

"BPBD Luwuk Utara menunjukkan kami 8 titik, Alhamdulillah kita sudah pasang hidran diseluruh titik dan berjalan sampai hari ini. Dua hari lalu kita kirim lagi armada tangki air untuk pengisian hidran di seluruh titik di Masamba," katanya.

Ia menjelaskan, selain dari BPPW Sulsel, bantuan kebutuhan air di Masamba juga dilakukan PDAM Lutra, Palopo dan PMI.

"Jadi sesuai petunjuk, kami fokus melayani 8 titik di Masamba. Anggota kami juga melayani masyarakat yang dilewati mobil tangki menuju titik lokasi hidran," ujarnya.

Baca juga: Rehabilitasi hutan dan lahan bagian hulu atas banjir Luwu Utara
Baca juga: Faskes dan sanitasi masih minim di pos pengungsian Luwu Utara

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020