IDI Makassar kirim bantuan tahap tiga ke Masamba

IDI Makassar kirim bantuan tahap tiga ke Masamba

Humas IDI Makassar dokter Wachyudi Muchsin saat mengatur paket bantuan yang akan dikirim ke lokasi banjir bandang di Masamba, Luwu Utara, Ahad (19/7/2020). ANTARA/Muh Hasanuddin

Makassar (ANTARA) - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Makassar menyerahkan bantuan tahap tiga kepada korban bencana alam banjir bandang yang menimpa warga Masamba, Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

Ketua IDI Makassar DR dr Siswanto Wahab Sp.KK (K) didampingi Humas IDI Dr Wachyudi Muchsin di Makassar, Ahad, mengatakan bantuan tahap tiga ini kembali disalurkan karena kebutuhan para korban atau pengungsi masih sangat terbatas.

"Musibah yang dialami saudara-saudara kita di Masamba sangat parah, apalagi di tengah pandemi COVID-19 ini. Alhamdulillah, bantuan tahap tiga kembali kita salurkan," ujarnya.

Pada pengiriman bantuan paket ketiga ini, IDI Kota Makassar memberikan bantuan obat-obatan, 100 pasang sepatu bot, 200 set alat pelindung diri (APD), cairan antiseptik atau hand sanitizer.

Baca juga: Rehabilitasi hutan dan lahan bagian hulu atas banjir Luwu Utara

Baca juga: Faskes dan sanitasi masih minim di pos pengungsian Luwu Utara


Kemudian 100 pasang baju bayi, 200 paket sembako, 100 popok bayi, 100 dus mie instan, 100 lembar selimut dan 100 bok masker bedah serta uang tunai sebesar Rp25 juta.

"Semoga semua bantuan yang disalurkan ini bermanfaat bagi para pengungsi. Yang paling utama adalah, semoga mereka semua diberikan kesehatan oleh Allah SWT dan semoga korban juga tetap memperhatikan kesehatannya," katanya.

Dokter Siswanto menyatakan jika bencana yang dialami warga Luwu Utara bukan hanya bencana alam saja, sebab saat ini seluruh warga di hampir semua negara juga sedang mengalami bencana COVID-19 sehingga ini pastinya berat.

"Ada dua bencana yang dihadapi saudara-saudara kita di sana, bencana alam dan bencana nonalam. Makanya, kita harus bersama-sama menguatkan mereka dengan memberikan bantuan materil maupun nonmateril," katanya.

Humas IDI Makassar Dr Wachyudi Muchsin menyerahkan bantuan itu berupa 30 set alat pelindung diri (APD), lima liter hand sanitizer dan dua boks masker surgical.

Dokter Wachyudi mengatakan, bantuan yang diserahkan adalah bantuan tahap awal untuk para tenaga medis maupun sukarelawan yang ada di lokasi bencana dan pihaknya juga terus memantau situasi dan kondisi di Luwu Utara.

"Semoga bantuan ini bermanfaat buat relawan, warga, dokter dan nakes yang ada di medan bencana. IDI Makassar sangat berduka mendalam atas cobaan yang menimpa saudara kita di Masamba, Luwu Utara," ucapnya.

Humas IDI Makassar Dokter Wachyudi Muchsin mengatakan, bantuan tahap ketiga ini akan disalurkan khususnya di Desa Radda, Kecamatan Masamba, Luwu Utara.

Selain bantuan itu, IDI Kota Makassar juga mengirim relawan dokter umum dan dokter spesialis di daerah bencana membantu relawan lainnya serta tenaga medis setempat.*

Baca juga: BNPB: Sudah ada 75 titik pengungsian korban banjir di Luwu Utara

Baca juga: TBM FK dan FTI UMI sinergi bantu korban banjir bandang Masamba
Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020