Puluhan catar Akademi Kepolisian dari Papua ikuti tes akademik

Puluhan catar Akademi Kepolisian dari Papua ikuti tes akademik

Suasana tes akademik catar Akademi Kepolisian di Panitia Daerah Papua yang dilaksanakan di Gedung SMA Negeri 2 Jayapura, Papua, Sabtu pagi. ANTARA/HO-Humas Polda Papua

Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 30 calon taruna Akademi Kepolisian di Panitia Daerah Polda Papua mengikuti tes akademik tes di antaranya pengetahuan umum dan mata pelajaran wawasan kebangsaan di Gedung SMA Negeri 2 Jayapura, Papua, Sabtu pagi.

Kepala Bidang Humas Polda Papua, Komisaris Besar Polisi AM Kamal, di Jayapura, Sabtu malam, mengatakan tes akademik itu digelar sejak Jumat yang dihadiri sejumlah pimpinan Polda Papua, di antaranya Kepala Biro SDM Polda Papua, Aris Harianto, sebagai ketua Pelaksana Panitia Daerah Polda Papua.

Seleksi itu juga dihadiri pengawas eksternal dari Komnas HAM Perawakilan Provinsi Papua, Yorgen Numberi.

Menurut dia, jumlah calon taruna yang mengikuti tes akademik sebanyak 30 peserta terdiri dari 29 laki-laki dan satu perempuan.

"Sebelum dilaksanakan ujian akademi, para calon taruna dan taruni Akademi Kepolisian harus menjaga protokol kesehatan dengan mencuci tangan dan mengukur temperatur badan," katanya.

Ia menjelaskan, pada Jumat (17/07), para peserta ikuti tes ujian akademik pengetahuan umum dan mata pelajaran wawasan kebangsaan, lalu pada Sabtu pagi mengerjakan ujian matematika dan bahasa Indonesia dengan waktu pengerjaan selama 180 menit.

"Uji akademik calon taruna dan taruni Akademi Kepolisian TA 2020 diawasi langsung oleh pengawas internal Itwasda dan Propam Polda Papua dan juga dari pengawas external dari Komnas Ham Provinsi Papua," katanya.

Pada akhir kegiatan dilanjutkan dengan penanda tanganan hasil nilai akhir masing-masing peserta calon taruna Akademi Kepolisian TA 2020.

 
Pewarta : Alfian Rumagit
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020