Sepekan, perpanjangan PSBB transisi hingga perkembangan kasus COVID-19

Sepekan, perpanjangan PSBB transisi hingga perkembangan kasus COVID-19

Seorang pelintas di Kelurahan Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur, memperlihatkan aplikasi corona likelihood metric (CLM) di lokasi cek poin, Kamis (16/7/2020). ANTARA/Andi Firdaus/am.

Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa dan informasi yang terjadi di Jakarta sepanjang pekan ketiga di bulan Juli 2020 yang dikabarkan oleh tim redaksi Kantor Berita Antara dan masih layak dibaca kembali sebagai bahan referensi akhir pekan Anda.

1. PSBB Transisi fase 1 diperpanjang lagi dua pekan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi fase 1 dua pekan lagi terhitung 17 Juli 2020.

"Untuk saat ini, berdasarkan komponen-komponen yang kami dapatkan akan sangat berisiko melonggarkan fase transisi ini dan masuk ke fase dua," kata Anies dalam rekaman video yang disiarkan Pemprov DKI Jakarta, Kamis.

selengkapnya baca disini

2. Gedung DPRD DKI disterilisasi tiga hari terkait kasus COVID-19

Gedung lama DPRD DKI Jakarta di Kebon Sirih, Jakarta Pusat, disterilisasi selama tiga hari mulai Senin (13/7) sampai Rabu (15/7) mendatang menyusul informasi staf di gedung wakil rakyat tersebut terpapar COVID-19.

"Iya disteriliasi, kemarin sudah didisinfeksi karena banyaknya tamu dan kunjungan dari luar. Ini untuk antisipasi saja," kata Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Abdul Aziz saat dihubungi di Jakarta, Senin.

selengkapnya baca disini

3. Terminal Pulo Gebang ganti SIKM dengan CLM

Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, telah mengganti persyaratan Surat Keluar Masuk (SIKM) penumpang bus umum dengan aplikasi tes "corona likelihood metric" (CLM) pada aplikasi Jakarta Terkini (JAKI).

"Sejak Selasa (14/7) sudah diganti pakai CLM. Kita sudah tidak pakai lagi SIKM," kata Kepala Terminal Pulo Gebang, Bernard Pasaribu, melalui sambungan telepon di Jakarta, Kamis siang.

selengkapnya baca disini

4. Jumlah kasus positif COVID-19 di Jakarta turun drastis

Jumlah kasus positif terpapar Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) di DKI Jakarta pada Senin sebanyak 279, turun drastis dibanding Ahad (12/7) yang mencapai 404 dan Sabtu (11/7) 359 kasus baru.

Dengan pertambahan sebanyak 279 kasus baru, jumlah korban virus dari Wuhan (China) itu sudah lebih 14 ribu kasus. Untuk pasien sembuh bertambah 208 orang dan korban meninggal naik delapan orang.

selengkapnya baca disini

5. Pasar Cempaka Putih tutup tiga hari karena 41 pedagang positif corona

Pasar Cempaka Putih, Jakarta Pusat tutup selama tiga hari pada 13 hingga 15 Juli 2020, menyusul ditemukannya 41 pedagang di salah satu pusat perekonomian itu positif terpapar COVID-19 pada pekan lalu usai dilakukan tes usap massal dari Puskesmas setempat.

"Penutupan di mulai hari ini untuk mengantisipasi dan kami lakukan sterilisasi. Penutupan sampai tiga hari, Senin, sampai Rabu. Kamis baru buka," kata Kepala Pasar Cempaka Putih Eko Purwanto, Jakarta Pusat, saat dihubungi di Jakarta, Senin.

selengkapnya baca disini

6. Sejumlah sekolah swasta tawarkan beasiswa untuk Arista

Pelajar peraih ratusan penghargaan Aristawidya Maheswari (15) memperoleh tawaran melanjutkan pendidikan SMA di sejumlah sekolah swasta di Jakarta usai gagal lolos seleksi negeri.

"Global Sevilla School Jakarta Barat sudah menawarkan beasiswa untuk Arista, cuma jaraknya terlalu jauh," kata nenek Arista, Siwi Purwanti (60) saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

selengkapnya baca disini
 
Pewarta : Fauzi
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020