Manchester City buat Bournemouth di ambang degradasi

Manchester City buat Bournemouth di ambang degradasi

Gelandang gaek Manchester City David Silva (kanan) melepaskan tendangan bebas untuk mencetak gol pembuka timnya ke gawang Bournemouth dalam laga lanjutan Liga Inggris tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Rabu (15/7/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Peter Powell)

Jakarta (ANTARA) - Manchester City membuat Bournemouth di ambang kepastian terdegradasi setelah mengatasi tamunya itu dengan skor 2-1 dalam laga pekan ke-36 Liga Inggris di Stadion Etihad, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Kemenangan City disokong gol-gol David Silva dan Gabriel Jesus yang cuma bisa dibalas sekali oleh David Brooks, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Hasil itu membuat City kini mengoleksi 75 poin di bawah sang juara Liverpool (93), sedangkan Bournemouth (31) tertahan di urutan ke-18, masih tertinggal tiga poin dari zona aman.

Baca juga: Manchester City tak butuh izin untuk jadi klub top, tegas Guardiola

Laga baru berjalan enam menit ketika David Silva mengeksekusi tendangan bebas yang bolanya melewati pagar hidup dan membentur bagian bawah mistar sebelum bersarang ke dalam gawang demi membuka keunggulan City.

Bournemouth hampir membalas pada menit ke-33 tetapi eksekusi tendangan bebas Junior Stanislas masih bisa ditepis oleh kiper Ederson Moraes demi membenturkan bola ke tiang gawang.

Enam menit kemudian, City berhasil menggandakan keunggulan mereka ketika Jesus melakukan aksi menawan menyelesaikan umpan kiriman David Silva dengan sepakan yang menguburkan bola ke pojok kanan bawah gawang.

Pada menit ke-59, Joshua King berhasil menyontek umpan silang Stanislas, tetapi golnya dianulir karena dugaan offside yang kemudian dikonfirmasi oleh VAR.

Baca juga: Guardiola senang bukan kepalang City lolos dari sanksi UEFA

Bournemouth berusaha keras untuk mengejar ketertinggalannya dan lima menit kemudian Ederson hampir melakukan blunder ketika gagal mengantisipasi umpan silang Stanislas, beruntung sambaran Dan Gosling masih bisa dihalau oleh Ilkay Guendogan dan cuma berujung sepak pojok.

Wasit Lee Mason sempat menunjuk titik putih ketika Jesus dijatuhkan oleh Steve Cook di dalam area terlarang, tetapi keputusan itu dianulir setelah berkonsultasi dengan VAR yang memastikan jegalan bek Bournemouth terlebih dulu mengenai bola ketimbang kaki lawannya.

Dua menit jelang bubaran normal, tim tamu akhirnya mencetak gol ketika Brooks dengan dingin menyelesaikan umpan kiriman Callum Wilson mengubah kedudukan jadi 1-2, sayang sisa waktu terlalu singkat bagi Bournemouth yang harus rela pulang dengan tangan hampa.

Bournemouth bakal memainkan lebih dulu laga pekan ke-37 mereka menjamu Southampton pada Minggu (19/7), sedangkan Man City baru bertanding dua hari berselang bertandang ke markas Watford.

Baca juga: Tundukkan Newcastle, Tottenham kian panaskan persaingan zona Eropa
Baca juga: Gol tunggal Giroud kontra Norwich amankan posisi tiga besar Chelsea


Susunan pemain:

Manchester City (4-2-3-1): Ederson Moraes; Kyle Walker (Eric Garcia), John Stones, Nicolas Otamendi, Benjamin Mendy (Olexandr Zinchenko); Fernandinho, Ilkay Guendogan (Rodri Hernandez); Bernardo Silva (Raheem Sterling), David Silva, Phil Foden; Gabriel Jesus (Riyad Mahrez)
Pelatih: Pep Guardiola

Bournemouth (5-4-1): Aaron Ramsdale; Junior Stanislas (David Brooks), Jack Stacey, Steve Cook, Lloyd Kelly, Diego Rico; Philip Billing, Jefferson Lerma, Dan Gosling (Lewis Cook), Joshua King (Harry Wilson); Dominic Solanke (Callum Wilson)
Pelatih: Eddie Howe
Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020