Jakarta (ANTARA) - Leganes merawat peluang menghindari degradasi setelah mengatasi Valencia 1-0 kendati harus menyelesaikan pertandingan dengan 10 pemain dalam laga pekan ke-36 Liga Spanyol tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion Butarque, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Keunggulan yang diraih berkat eksekusi penalti Ruben Perez sukses dipertahankan Leganes meski mereka harus tampil dengan 10 pemain semenjak menit ke-54 setelah Jonathan Silva diganjar kartu merah, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Kemenangan itu membuat Leganes untuk sementara naik ke urutan ke-18 dengan koleksi 32 poin, menggusur Mallorca (32) yang baru main dalam laga lebih larut.

Sedangkan Valencia (50) yang menelan kekalahan keempat mereka dalam enam laga terakhir harus rela tertahan di urutan kesembilan, setelah dilompat Athletic Bilbao (51) beberapa jam sebelumnya.

Baca juga: Eibar tegaskan jarak aman, Bilbao terobos zona Eropa

Valencia sebetulnya lebih dulu menebar ancaman tujuh menit setelah sepak mula, sayang tembakan Goncalo Guedes dari tepian kotak penalti masih membentur mistar gawang.

Lantas pada menit ke-16, Geoffrey Kondogbia didakwa melakukan pelanggaran handball di dalam area terlarang sehingga wasit Mario Melero Lopez segera menghadiahi tendangan penalti untuk tuan rumah.

Perez yang menjadi algojo dengan tenang mengkonversinya ke pojok kiri bawah gawang, membawa Leganes memimpin pada menit ke-18.

Valencia berusaha membalas tetapi sundulan Mouctar Diakhaby menyambut umpan silang Dani Parejo masih bisa diamankan oleh kiper Ivan Cuellar.

Di pengujung babak pertama Kondogbia hampir membayar kesalahannya ketika menyambut sepak pojok Parejo, tetapi sundulannya melenceng dan melambung dari sasaran sehingga keunggulan Leganes bertahan hingga aba-aba istirahat.

Pada menit ke-53, Silva menjatuhkan Ferran Torres di wilayah pertahanan Leganes dan wasit awalnya memberi kartu kuning, tetapi setelah berkonsultasi dengan VAR ia menaikkan hukumannya menjadi kartu merah.

Ketimpangan jumlah pemain berusaha dimanfaatkan Valencia sayang sundulan Gabriel Paulista melenceng dan sepakan kaki kanan Jaume Costa masih tepat mengarah ke pelukan Cuellar.

Baca juga: Valencia akhirnya rasakan kemenangan lagi, atasi Valladolid 2-1

Valencia lantas memperoleh peluang emas untuk menyamakan kedudukan lewat tendangan penalti setelah Rodrigo Tarin ganti divonis menyentuh bola dengan tangannya di dalam area terlarang pada menit ke-58.

Namun, Parejo membuang sia-sia kesempatan itu ketika eksekusi penaltinya berhasil ditebak dan diamankan oleh Cuellar di sisi kiri gawang.

Valencia lantas bertubi-tubi melancarkan serangan tetapi Leganes sukses meredamnya dan mempertahankan skor 1-0 hingga peluit tanda laga usai terdengar.

Di pertandingan selanjutnya yang berlangsung serempak Kamis (16/7) waktu setempat untuk putaran ke-37, Leganes wajib menang kala bertandang ke markas Athletic Bilbao jika masih ingin bertahan di kasta tertinggi, sedangkan Valencia menjamu tim juru kunci Espanyol di Mestalla.

Baca juga: Barcelona konfirmasi cedera Antoine Griezmann
Baca juga: Cadiz tunda pesta promosi ke La Liga karena kalah
Baca juga: Gagal jaga keunggulan, Celta tersungkur di kandang Osasuna


Susunan pemain:

Leganes (5-4-1): Ivan Cuellar; Roberto Rosales, Chidozie Awaziem, Rodrigo Tarin, Dimitrios Siovas, Jonathan Silva; Aitor Ruibal, Ibrahim Amadou, Ruben Perez (Recio), Kevin Rodrigues (Bryan Gil/Javier Aviles); Miguel Angel Guerrero (Roque Mesa)
Pelatih: Javier Aguirre

Valencia (4-42): Jaume Domenech; Daniel Wass (Alessandro Florenzi), Gabriel Paulista (Lee Kang-in), Mouctar Diakhaby, Jaume Costa (Denis Cheryshev); Francis Coquelin, Dani Parejo, Geoffrey Kondogbia (Ferran Torres), Goncalo Guedes; Kevin Gameiro (Ruben Sobrino), Maxi Gomez
Pelatih: Voro Gonzalez

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2020