Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 yang tersebar di beberapa fakultas kampus tersebut.

Salah satu Penanggung Jawab Lokasi Kantor Sumber Daya dan Pembelajaran UI, Irma dalam keterangannya, Minggu mengatakan protokol kesehatan dan semua aturan baru UTBK tersebut dilaksanakan demi mencegah penyebaran COVID-19.

"Semua aturan tersebut diterapkan agar meminimalisasi kontak serta kerumunan orang yang dapat berpotensi menyebarkan COVID-19," kata Irma.

Baca juga: Unila prioritaskan peserta tes UTBK dari Provinsi Lampung

Panitia sendiri telah melakukan persiapan kegiatan seminggu sebelumnya, seperti mempersiapkan suplai masker, hand sanitizer, alat pengukur badan, serta wastafel pencuci tangan.

"Sebelum memasuki ruangan peserta masuk dengan menjaga jarak terlebih dahulu, mencuci tangan dan suhu di tubuhnya diukur serta memakai masker," katanya.

Beberapa lokasi yang menjadi tempat UTBK tersebut di antaranya, yaitu di Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Teknik, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Pelaksanaan UTBK ini dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama dilaksanakan pada tanggal 5 -14 Juli 2020, sedangkan tahap kedua pada 20-29 Juli 2020.

Baca juga: UTBK 2020 diikuti 703.875 peserta

Kondisi pandemi COVID-19 menyebabkan terdapat beberapa perbedaan dengan kegiatan tahun lalu, yaitu waktu pelaksanaan dan gelombang pelaksanaan.

Bila tahun lalu waktu pengerjaan adalah 3 jam 45 menit, maka waktu pengerjaan saat ini dipersingkat menjadi 2 jam 15 menit.

Selain itu, tahun lalu gelombang pelaksanaan diadakan di setiap akhir minggu selama beberapa bulan. Sedangkan saat ini, tahap pelaksanaan hanya dilakukan dalam 1 bulan.

Jumlah peserta dalam ruangan juga sangat dibatasi, hanya sekitar 15-25 orang dalam satu ruangan. Para peserta juga diwajibkan memakai masker, dan para pengantar peserta tidak diperkenankan berkerumun selama berada di lokasi acara.

UTBK merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia.

Baca juga: Banyuwangi bantu tes cepat COVID-19 gratis bagi pelajar ikuti UTBK
Baca juga: Unila berlakukan dua sesi pada tes UTBK
Baca juga: Pusat UTBK di Surabaya sediakan tes cepat untuk peserta sebelum ujian

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020