Kementerian BUMN ingin nilai inti AKHLAK jadi pemersatu seluruh BUMN

Kementerian BUMN ingin nilai inti AKHLAK jadi pemersatu seluruh BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) bersama kedua Wakil Menteri BUMN dalam peluncuran nilai inti atau core value AKHLAK dan logo baru Kementerian BUMN, Kamis (1/7/2020). ANTARA/HO-Kemeneg BUMN/aa.

Jakarta (ANTARA) - Kementerian BUMN menginginkan nilai inti atau core value AKHLAK menjadi perekat dan pemersatu seluruh BUMN di Indonesia.

"Nilai-nilai inti AKHLAK yang diucapkan oleh para mantan menteri BUMN menunjukkan bahwa nilai inti tersebut sudah tumbuh sejak dulu, tetapi sekarang kita ingin bukan sekedar tumbuh tapi akarnya kokoh dan akar inilah yang akan menjadi perekat dan pemersatu kita di seluruh BUMN," ujar Deputi SDM dan IT Kementerian BUMN Alex Denni dalam sosialisasi daring nilai inti AKHLAK di Jakarta, Kamis.

Menurut Alex, dengan demikian kalau para personel berputar dari satu BUMN ke BUMN lainnya, akar ini tetap solid dengan kultur yang sama.

"Karena kita nanti juga terkonsolidasi berdasarkan klaster-klaster, dan bahkan talenta BUMN akan sangat mungkin untuk mobile antar klaster sehingga kalau kita berharap talentanya bisa mobile antar klaster maka tentunya kita berharap nilai dan budayanya sama," katanya.

Selain itu Deputi SDM dan IT Kementerian BUMN itu juga menambahkan bahwa Kementerian memiliki kalimat-kalimat afirmasi terhadap masing-masing nilai inti AKHLAK.

Kementerian BUMN berharap pada pekan-pekan awal, setiap rapat atau mulai bekerja ada baiknya kalimat afirmasi dari nilai inti tersebut kemudian dijadikan dasar untuk internalisasi program nilai inti.

Kalimat-kalimat afirmasi AKHLAK antara lain, Amanah yakni Kami memegang teguh kepercayaan yang diberikan. Kemudian Kompeten yaitu Kami terus belajar dan mengembangkan kapabilitas.

Harmonis yakni Kami saling peduli dan menghargai perbedaan, lalu Loyal yaitu Kami berdedikasi dan mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara.

Adaptif yaitu Kami terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan ataupun menghadapi perubahan. Kolaboratif yakni Kami membangun kerja sama yang sinergis.

"Kami berharap kalimat-kalima afirmasi dari nilai inti AKHLAK ini pada pekan-pekan awal kita lakukan secara masif dari segala lapisan manajemen," ujar Deputi SDM dan IT Kementerian BUMN Alex Denni.

Nilai inti AKHLAK diluncurkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir bersama dengan logo baru Kementerian BUMN pada Rabu (1/7/2020).

Baca juga: Erick tetapkan AKHLAK sebagai "core value" BUMN
Baca juga: Erick tugaskan Deputi SDM tingkatkan akhlak dan talenta pegawai BUMN
Pewarta : Aji Cakti
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020