Kementerian harap talenta BUMN bisa kuasai beragam kluster

Kementerian harap talenta BUMN bisa kuasai beragam kluster

Tangkapan layar - Deputi SDM dan Teknologi Informasi Kementerian BUMN Alex Denni dalam peluncuran daring majalah digital atau E-Magazine Human Capital Insight di Jakarta, Rabu (1/7/2020). ANTARA/Aji Cakti

Jakarta (ANTARA) - Kementerian BUMN berharap dengan adanya nilai inti baru organisasi yang diluncurkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir pada hari ini, Rabu (1/7), maka talenta-talenta BUMN bisa melakukan cross-mobile atau menguasai beragam kluster di antara berbagai BUMN yang ada.

Deputi SDM dan Teknologi Informasi Kementerian BUMN Alex Denni mengatakan bahwa dengan strategi klasterisasi subholding yang dilakukan Kementerian BUMN, tentu perlu menyadari bahwa individu-individu BUMN yang tadinya sendiri-sendiri dengan nilai inti masing-masing, begitu bergabung menjadi sebuah keluarga subholding atau kluster tentunya membutuhkan nilai yang bisa dibagi bersama.

"Dan karena talenta kita bisa diharapkan untuk cross-mobile antar BUMN, bahkan antar kluster, tentu kulturnya diharapkan juga sama. Maka dari itu bapak Menteri BUMN Erick Thohir sudah meluncurkan AKHLAK sebagai nilai inti barunya BUMN," ujar Alex Denni dalam peluncuran daring majalah digital atau E-Magazine Human Capital Insight yang digelar Forum Human Capital Insight (FHCI) di Jakarta, Rabu.

Deputi SDM dan Teknologi Informasi Kementerian BUMN tersebut juga menambahkan bahwa selanjutnya Kementerian BUMN akan melakukan briefing dengan para direktur human capital BUMN, untuk mulai melakukan kick-off, rollout dan sosialisasinya dalam waktu dekat.

Hal tersebut perlu pemahaman-pemahaman antara pemimpin senior di masing-masing BUMN serta para karyawan, terkait nilai inti baru itu.

Menurut Alex Denni, sebetulnya nilai inti baru tersebut sudah ada di tengah-tengah kita, namun sekarang disamakan bahasanya, kata kuncinya, panduan perilakunya, tetapi tentu kontekstual perilakunya akan disesuaikan di masing-masing BUMN.

Kementerian BUMN pada hari ini, Rabu (1/7) meluncurkan dan menetapkan nilai baru yakni AKHLAK yang terdiri dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Nilai inti tersebut ditetapkan bersamaan dengan peluncuran logo baru Kementerian BUMN yang menampilkan simbol negara Burung Garuda dengan tulisan Kementerian BUMN dalam gaya visual kontemporer.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan AKHLAK menjadi nilai-nilai organisasi Kementerian BUMN untuk maju.

Baca juga: Erick Thohir ungkap makna dibalik perubahan logo kementerian BUMN
Baca juga: Erick Thohir sebut restrukturisasi BUMN bakal terus dilakukan
Baca juga: Erick tetapkan AKHLAK sebagai "core value" BUMN
Pewarta : Aji Cakti
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2020