BLT DD tahap ketiga Penajam Paser Utara segera disalurkan

BLT DD tahap ketiga Penajam Paser Utara segera disalurkan

Suasana penyerahan BLT DD tahap kedua di Desa Wonosari, Kecamatan Sepaku, pada minggu ketiga Juni 2020. (ANTARA/Istimewa)

Penajam (ANTARA) - Setelah tuntas penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap pertama pada Mei dan tahap kedua pada Juni 2020, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara segera mendistribusikan program serupa untuk tahap ketiga.

"Rencananya Rabu (1/7) besok, kami akan mendistribusikan BLT DD tahap ketiga yang dimulai dari Desa Gunung Mulia di Kecamatan Babulu," kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMD) Kabupaten Penajam Paser Utara Nurbayah di Penajam, Selasa.

Ia menuturkan jumlah penerima BLT DD tahap ketiga mengalami penambahan 1.000 keluarga penerima manfaat (KPM) atau kepala keluarga (KK), jika dibandingkan dengan jumlah penerima pada tahap kedua.

Pada tahap kedua, katanya, jumlah penerima BLT DD 2.464 KPM, sedangkan untuk tahap ketiga naik menjadi 3.464 KPM, di antaranya Desa Wonosari yang sebelumnya 84 KPM bertambah menjadi 181 KPM.

Terjadinya penambahan itu, katanya, karena sebelumnya ada beberapa warga miskin terdampak virus corona jenis baru (COVID-19) yang belum terdata sebagai penerima, sedangkan mereka juga tidak menerima bantuan program lainnya dari pemerintah.

Baca juga: Di Kabupaten Landak, penyaluran BLT Dana Desa melalui ATM penerima

Penambahan KPM, katanya, sudah melalui proses musyawarah desa dan sesuai dengan aturan terkait dengan syarat KK penerima bantuan.

Aturan tersebut, antara lain sasaran penerima BLT DD adalah keluarga miskin non-Program Keluarga Harapan (PKH), non-Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), non-Kartu Pekerja, dan keluarga yang kehilangan mata pencaharian.

Selain itu, keluarga yang belum terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan memiliki anggota keluarga yang rentan sakit atau memiliki penyakit kronis menahun.

Nilai BLT DD yang diberikan per KPM Rp600 ribu sehingga total nilai yang didistribusikan bagi 3.464 KK di 30 desa yang tersebar di empat kecamatan mencapai Rp2,078 miliar.

"Setelah penyaluran BLT DD dengan nilai Rp600 ribu per bulan per KK ini nanti tuntas, kami juga bersiap untuk menyalurkan BLT DD pada program berikutnya, yakni yang nilainya Rp300 ribu per KK," ucap Nurbayah.

Baca juga: Enam warga di Gunung Mas kembalikan BLT DD
Baca juga: Aceh dapat apresiasi Kementerian Desa terkait BLT DD
Baca juga: Bangka Barat apresiasi penyaluran BLT DD selesai sesuai target
Pewarta : M.Ghofar
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020