Jakarta (ANTARA) - Perusahaan teknologi penyedia layanan perjalanan dan gaya hidup berbasis digital, Traveloka meluncurkan Online Xperience, kategori produk terbaru dari unit bisnisnya yang berfokus di sektor lifestyle, Traveloka Xperience.

Menampilkan beragam individu yang unggul di bidangnya masing-masing, Online Xperience merupakan salah satu upaya Traveloka dalam mendukung gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia yang diinisiasi oleh pelaku UKM dan pemerintah.

"Online Xperience menjadi manifestasi dari komitmen kami dalam beradaptasi dengan perubahan kebiasaan pengguna saat ini yang mungkin masih enggan untuk beraktivitas di luar, namun perlu melakukan hal produktif untuk mengisi waktunya," ujar CEO Traveloka Experience, Christian Suwarna, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Dapat diakses melalui kanal Traveloka Xperience, Online Xperience dirancang untuk mendorong pengguna agar tetap aktif dan mengasah keterampilannya di era normal baru (new normal).

"Online Xperience juga menjadi awal dari dukungan kami terhadap gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia, di mana kami mendorong para individu berbakat di tanah air untuk terus berkarya dan berbagi inspirasi, sehingga inisiatif ini dapat menjadi alternatif pendapatan bagi pegiat ekonomi kreatif di Indonesia," Christian melanjutkan.

Kehadiran Online Xperience mendapat sambutan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Plt Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Joshua Simanjuntak, yang mengatakan inovasi Traveloka tersebut tidak hanya membantu beradaptasi dengan situasi terkini, namun juga membantu para pelaku industri di sektor ekonomi kreatif.

Sebelumnya, data gabungan dari Kemenparekraf dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada bulan Mei mencatat terdapat 44.295 pekerja seni dan pekerja kreatif yang terdampak pandemi COVID-19.

Menurut Joshua, Online Xperience merupakan implementasi prinsip AADC (Accept, Adapt, Digital, dan Creative Collaboration) yang digagas Kemenparekraf untuk dapat diadopsi oleh para pemain kreatif lokal, sekaligus juga sejalan dengan gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia yang mendorong para pelaku ekonomi kreatif untuk tetap berkarya di tengah pandemi.

Baca juga: Tren pembatalan perjalanan melonjak tajam di Traveloka

Baca juga: Doraemon ikon promosi liburan akhir tahun Traveloka


Dapat diakses sejak 15 Juni 2020 lalu, Online Xperience menawarkan konten eksklusif yang kreatif, inspiratif, dan edukatif dari para pelaku kreatif Indonesia. Pengguna dapat mengikuti program interaktif memasak, kesenian, gaya hidup sehat, hingga keterampilan usaha.

Online Xperience setiap sesinya disiarkan langsung oleh para host tanpa direkam terlebih dahulu, sehingga setiap pengguna mendapatkan pengalaman spesial dengan kesempatan diskusi yang lebih mendalam dan interaktif.

Di tahap awal peluncurannya, Traveloka Xperience berkolaborasi dengan para individu yang ahli di bidangnya, seperti Mikael Jasin, pemenang Indonesian Barista Championship (IBC) 2019 & 2020 dan peraih peringkat keempat World Barista Championship 2019.

Ada pula Brian Sumito, fotografer makanan, dan Gloria Susindra, pemilik restoran Mother Monster yang sebelumnya merupakan head chef ST ALi Jakarta.

Ke depannya, pelaku industri kreatif binaan Kemenparekraf juga akan bergabung di Online Xperience untuk memberikan sesi eksklusif yang inspiratif dan kaya manfaat bagi pengguna Traveloka.

Online Xperience dapat diakses para pengguna pada halaman muka Traveloka Xperience dengan cara membuka aplikasi atau website Traveloka, lalu pilih produk Traveloka Xperience, kemudian pilih produk Traveloka Xperience, pilih kategori produk Online Xperience, dan pilih sesi yang diinginkan.

Selanjutnya, lakukan pemesanan sesuai dengan tanggal dan waktu yang ditentukan. Setelah pembayaran berhasil dilakukan, link untuk dapat mengakses sesi online yang dipilih akan dikirimkan ke email pengguna.

Sesi Online Xperience ditawarkan dengan harga yang beragam, mulai dari Rp45.000 hingga Rp573.000, tergantung pilihan kelas dan tingkat kerumitannya.

Harga sesi tertentu juga termasuk pembelian dan pengiriman material yang akan diuji coba selama sesi, dengan syarat dan ketentuan yang diberlakukan masing-masing host.

Baca juga: Traveloka hadirkan layanan pemesanan tes COVID-19

Baca juga: Moda transportasi dibuka, Traveloka belum jual tiket kereta dan bus

Baca juga: Konsumen ramai-ramai ubah tiket perjalanan, refund tiket mudik

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020