Arjen Robben batal pensiun demi gabung FC Gronigen

Arjen Robben batal pensiun demi gabung FC Gronigen

Dokumentasi - Pendukung Bayern Munchen membentangkan gambar raksasa Arjen Robben dan Franck Ribery saat pertandingan terakhir mereka melawan Eintracht Frankfurt di Allianz Arena, Munich, Sabtu (18/5/2019). Kontrak dua pemain itu telah selesai pada akhir musim 2019. ANTARA/REUTERS/pras.

Jakarta (ANTARA) - Mantan pemain Bayern Munchen Arjen Robben memutuskan kembali menjadi pesepak bola dan bergabung dengan klub masa kecilnya FC Groningen setelah ia sebelumnya sempat menyatakan pensiun pada 2019 lalu.

Klub Eredivisie tersebut pada Sabtu mengatakan bahwa pemain berusia 36 tahun tersebut dikontrak untuk musim 2020-21.

Robben telah memutuskan untuk gantung sepatu tahun lalu setelah meraih delapan gelar Bundesliga bersama Die Roten.

Groningen sendiri adalah klub yang memiliki tempat di hati sang pemain tersebut karena ia memulai debut profesionalnya di sana pada tahun 2000 ketika masih berusia 16 tahun.

Mantan kapten timnas Belanda tersebut pernah bermain untuk Chelsea, PSV Eindhoven dan Real Madrid, dalam selang waktu itu ia telah memenangkan 12 gelar liga.

Di tingkat internasional, Robben telah mencatatkan 96 penampilan untuk negaranya termasuk bermain di final Piala Dunia 2010 di Johannesburg.

Groningen membenarkan bahwa Robben telah kembali berlatih selama beberapa pekan terakhir agar siap untuk musim berikutnya.

"Dalam beberapa pekan terakhir saya telah melakukan banyak diskusi dengan orang-orang di dalam klub, tetapi mungkin saya paling mendengarkan kata-kata para pendukung, yang meminta saya mengikuti kata hati," ujar pemain kepada situs resmi klub yang dikutip Reuters pada Minggu (28/6).

"Itu dimulai perasaan gatal dan sekarang itu menjadi misi saya. Saya sedang bekerja keras untuk kembali menjadi pesepak bola."

Namun, Robben mengakui bahwa ia tidak yakin apakah ia masih bisa melakukannya.

"Saya belum tahu apakah ini akan berhasil. Yang saya tahu adalah bahwa itu tidak akan tergantung pada komitmen dan motivasi saya. Sekarang impian saya untuk bermain adalah bermain untuk FC Groningen lagi," kata pemain  yang memiliki gaya bermain khas menusuk ke dalam itu.

Baca juga: Mereka yang gantung sepatu pada 2019

Baca juga: Robben putuskan gantung sepatu
Pewarta : Hendri Sukma Indrawan
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2020