Sebelum ada pandemi COVID-19 kami telah mengadakan kegiatan sosialisasi oleh Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Bambang Prasetya kepada mitra binaan TWC di TWC Jonggrang Mart, Kalasan.
Sleman (ANTARA) - PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) memacu para mitra binaannya untuk meningkatkan kualitas produk dengan melakukan sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI).

"Sebelum ada pandemi COVID-19 kami telah mengadakan kegiatan sosialisasi oleh Kepala Badan Standardisasi
Nasional (BSN) Bambang Prasetya kepada mitra binaan TWC di TWC Jonggrang Mart, Kalasan," kata Manajer PKBL TWC Bambang Sarwo Eddy di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, kegiatan tersebut untuk melihat progres perkembangan mitra binaan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero), terutama mengenai penyertaan sertifikasi SNI untuk meningkatkan nilai dan persepsi konsumen kepada produk tersebut.

"Pihak BSN mendukung langkah PT TWC dalam membina UMKM, terutama dalam mendorong mitra binaan untuk memiliki sertifikasi produk. Kalau ingin maju, di samping pintar bisnis juga harus mampu menjamin konsumen, meyakinkan kepercayaan konsumen dengan jaminan mutu. Salah satu caranya adalah dengan mendukung
sertifikasi produk dengan SNI," katanya.

Baca juga: UMKM mitra binaan PT TWC produksi masker rempah di masa pandemi

Ia mengatakan, sebelumnya PKBL PT TWC telah melakukan pelatihan bagi mitra binaan yang meliputi Perizinan Industri Rumah Tangga (PIRT), Sertifikasi Halal dan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK).

"PKBL PT TWC akan terus berupaya dalam meningkatkan kualitas produk para mitra binaan. Kami akan fasilitasi para mitra dalam mendaftarkan produknya untuk melakukan sertifikasi SNI," katanya.

Ia mengatakan pada triwulan I tahun 2020, PT TWC memiliki total 33 mitra binaan yang terdiri dari berbagai sektor; industri, pertanian, peternakan, perdagangan dan jasa.

"Pada masa pandemi COVID-19 ini, kami tetap mengadakan pendampingan dan pelatihan pada mitra binaan TWC untuk dapat selalu berinovasi dan tetap produktif dalam mengembangkan produk kreatif yang sesuai dengan permintaan konsumen," katanya.

Baca juga: PT TWC simulasi penerapan "new normal" di Candi Prambanan

Bambang mencontohkan, salah satu mitra binaan TWC yang memproduksi kripik tempe sekarang memproduksi masker rempah.

Sekretaris Perusahaan PT TWC Emilia Eny Utari mengatakan pembinaan terhadap mitra binaan tersebut merupakan komitmen PTWC sebagai wujud BUMN Hadir Untuk Negeri ikut serta dalam meningkatkan kesejahteraan warga melalui berbagai program PKBL terutama pada masa pandemi COVID-19.



 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020