London (ANTARA News) - Masyarakat Indonesia yang berada di Italia dan Ikatan Rohaniwan dan Rohaniwati di Kota Abadi dan KBRI Vatikan menyelenggarakan Misa Kudus bagi korban bencana alam di Sumatera.

Misa yang diadakan di Ruang Serba Guna KBRI Vatikan berlangsung khidmat dihadiri tidak kurang dari 100 rohaniwan/rohaniwati Indonesia maupun asing serta serta masyarakat Indonesia di Italia, ujar Sekretaris III Fungsi Pensosbud KBRI Vatikan Bonifacius R. Wijayanto kepada korespoden Antara London, Selasa.

Dikatakannya acara diawali dengan misa kudus yang dilanjutkan dengan sambutan Dubes RI untuk Takhta Suci Vatikan, Suprapto Martosetomo serta penuturan kisah pilu korban gempa Sumatera Barat Pastur Keuskupan Padang, Romo Fransiskus Ridwan.

Dalam sambutannya Dubes menyampaikan ucapan terima kasih atas inisiatif bersama guna terlaksananya kegiatan Misa Kudus demi mendoakan para korban gempa Sumatra Barat.

Ia juga menyampaikan perlunya umat manusia untuk mengubah perilaku ke arah yang lebih positif guna menyelamatkan bumi yang rusak sebagai akibat tingkah laku serakah umat manusia.

Pada kesempatan yang lain, Romo Fransiskus Ridwan menuturkan kondisi di Sumatera Barat saat ini.

Para rohaniwan dan rohaniwati secara spontan mengumpulkan bantuan yang terkumpul sejumlah 3000 euro. Bantuan tersebut rencananya akan diberikan kepada seluruh korban gempa di bencana alam di Sumatera Barat melalui Keuskupan Padang.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009