Jakarta (ANTARA) - Pertandingan kompetisi sepak bola di negara bagian Rio de Janeiro, yang pertama kali memulai liga regional Brazil, terpaksa ditunda lagi pada Selasa setelah pengadilan olahraga negara tersebut sepakat bahwa tim membutuhkan lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri.

Memundurkan lagi tanggal kick-off untuk beberapa klub hingga Minggu, 28 Juni mendatang ini diputuskan setelah Botafogo dan Fluminense, yang keduanya mengatakan masih terlalu dini untuk bermain sepak bola, membawa kasus ini ke pengadilan dan meminta kompetisi mereka itu ditunda lagi.

Liga dimulai pekan lalu, tetapi tidak satu pun dari kedua tim di Rio yang bermain. Sementara walikota kota setempat pada pekan lalu mengeluarkan keputusan yang memberi mereka kesempatan hingga Kamis, 25 Juni, untuk mempersiapkan pertandingan pertama mereka.

Selanjutnya pengadilan memutuskan memundurkan lagi tanggal dimulainya kompetisi ke hari Minggu, demikian Reuters yang dipantau di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Sepak bola kembali bergulir di Amerika Selatan meski ada protes
Baca juga: Jumlah kasus COVID-19 terus naik, klub di Brazil tolak bermain

Kedua tim menentang dimulainya kompetisi regional itu karena para pemain mereka belum punya cukup waktu berlatih dan juga karena kurva penularan virus corona di Brazil belum membaik sehingga banyak pemain khawatir terinfeksi.

Pada Selasa, sebanyak 1.374 orang dilaporkan meninggal akibat COVID-19 di Brazil, menjadikan total korban jiwa 52.645 sekaligus menjadi yang tertinggi setelah Amerika Serikat.

Fluminense mengatakan mereka akan bermain pada Minggu nanti melawan Volta Redonda, tetapi pernyataan itu mendapat protes keras.

"Klub sepak bola Fluminense akan mematuhi keputusan itu," katanya dalam sebuah pernyataan. "Karena itu, harus jelas bahwa melanjutkan sepak bola sekarang adalah kesalahan."

Sementara Botafogo menyatakan tidak akan mengajukan banding atas keputusan tersebut tetapi juga tidak mengatakan apakah mereka akan memainkan pertandingan yang dijadwalkan kembali pada Minggu melawan Cabofriense.

Kompetisi sepak bola negara bagian Rio de Janeiro adalah salah satu liga regional paling penting di Brasil.

Sebagian besar negara bagian di Brazil memiliki kompetisi masing-masing yang berlangsung dalam beberapa bulan pertama tahun ini sebagai pemanasan untuk liga nasional, yang biasanya dimulai pada bulan Mei.

Baca juga: Vasca da Gama laporkan 16 pemainnya positif COVID-19
Baca juga: Ronaldo sebut kelanjutan Liga Brazil tergesa-gesa

Pewarta: Junaydi Suswanto
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020