Tjahjo Kumolo optimistis migrasi ASN terlaksana pada 2024

Tjahjo Kumolo optimistis migrasi ASN terlaksana pada 2024

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo (Antaranews/ist)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo optimistis migrasi aparatur sipil negara (ASN) ke ibu kota baru bisa terlaksana pada 2024.

"Saya optimistis pada 2024 migrasi ASN sudah bisa terlaksana dengan berbagai tantangan dan permasalahan dari beberapa langkah menghadapi pandemi COVID-19 ini," kata Tjahjo dalam seminar daring yang berlangsung di Jakarta, Senin.

Baca juga: Tjahjo Kumolo: Migrasi ASN belum dibahas karena fokus COVID-19

Ia menambahkan bahwa Kementerian PAN-RB sudah menyiapkan peta jalan terkait rencana migrasi ASN yang bekerja di tingkat Kementerian/Lembaga di lokasi rencana ibu kota baru yang menggantikan DKI Jakarta nanti.

Ibu kota negara rencananya akan dipindah ke sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara di Provinsi Kalimantan Timur.

Baca juga: Tjahjo minta Kementerian Keuangan tunda tunjangan bagi sebagian ASN

Tjahjo berencana ASN kementerian dan lembaga yang ada di Jakarta, seluruhnya akan dipindahkan ke ibu kota baru yang berlokasi di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Pada Senin (15/6), Tjahjo mengatakan bahwa soal migrasi ASN belum ada pembahasan lagi.

Ia mengatakan alasannya karena pemerintah sedang fokus pada penanganan pandemi COVID-19 dan protokol kesehatan normal baru.

Baca juga: Menpan-RB: Lakukan sistem kerja fleksibel dan SPBE saat normal baru

"(Migrasi ASN) belum ada pembahasan, lagi konsentrasi normal baru terkait COVID-19," ujar Tjahjo.
Pewarta : Abdu Faisal
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020