Tes "swab" negatif, 247 santri Ponpes Gontor asal Riau bisa ke Jatim

Tes

Petugas medis memberikan pengarahan kepada sejumlah santri Sekolah Quran Centre dari Pulau Batam yang tiba di Pelabuhan Bandar Sri Junjungan Dumai, di Dumai, Provinsi Riau, Sabtu (4/4/2020). ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid/hp.

Provinsi Riau (ANTARA) - Dinas Kesehatan Riau menyatakan berdasarkan hasil pemeriksaan sampel swab di laboratorium biomolekuler RSUD Arifin Achmad Pekanbaru sebanyak 247 santri Pondok Pesantren (Ponpes) Gontor asal Riau yang akan kembali menempuh pendidikan ke Jawa Timur itu, setelah menjalani tes swab dinyatakan negatif COVID-19.

"Sebanyak 247 santri tersebut dilakukan tes swab sejak Minggu (14/6) untuk sebanyak 78 santri, Senin (15/6) 89 santri, dan Selasa (16/6) 80 santri," kata Kepala Dinas Kesehatan Riau dr Mimi Yuliani Nazir dalam penjelasan di Pekanbaru, Kamis.

Menurut dia selain para santri dari Ponpes Gontor, hingga saat ini tidak ada pengajuan untuk pelaksanaan tes swab bagi santri-santri asal pondok pesantren lainnya.

Ia menjelaskan tes swab dilakukan kepada santri terkait masa darurat COVID-19 yang telah berganti dengan pemberlakuan tatanan normal baru. Karena itu, masyarakat sudah dapat beraktivitas kembali dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Begitu pula dengan para santri asal Riau yang sedang menjalani protokol kesehatan tetap diam di rumah, kini bisa melanjutkan pendidikannya kembali ke Ponpes Gontor di Jawa Timur.

"Untuk dapat kembali melanjutkan pembelajarannya, tentunya santri pondok pesantren harus memenuhi persyaratan perjalanan, yakni memiliki Surat Keterangan Medis (SKM) Polymerase Chain Reaction Swab (PCR) dari RSUD," demikian  Mimi Yuliani Nazir.

Baca juga: 1.107 santri ikut tes cepat sebelum lanjut belajar ke luar Riau

Baca juga: Seorang santri Riau pulang dari Magetan positif COVID-19

Baca juga: Relawan Indonesia Bersatu gelar tes cepat diikuti ribuan santri Gontor

Baca juga: Gubernur Babel lepas 127 santri ke Gontor Jatim

Baca juga: Pemprov kawal kepulangan santri Pesantren Gontor asal Sulsel
Pewarta : Frislidia
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020