Halodoc perluas layanan "rapid test" ke Pekanbaru

Halodoc perluas layanan

Grafis layanan "rapid test" Halodoc di Pekanbaru. (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Platform layanan kesehatan digital Halodoc memperluas layanan dengan menghadirkan akses layanan tes cepat (rapid test) COVID-19 di Pekanbaru untuk memperkuat penerapan protokol kesehatan menuju normal baru.

Menurut keterangan yang diterima ANTARA, Rabu, layanan yang memanfaatkan metode drive thru ini akan mendukung upaya pemerintah daerah dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Selama masa pandemi COVID-19, pengguna aktif Halodoc mengalami pertumbuhan hingga 10 kali lipat. Dimana layanan yang paling banyak digunakan mulai dari konsultasi dokter hingga beli obat. Dengan layanan rapid test, pengguna di Pekanbaru bisa merasakan fasilitas layanan kesehatan lengkap untuk mengecek risiko COVID-19," kata VP Marketing Halodoc, Felicia Kawilarang.

Baca juga: Halodoc gratiskan kuota internet lewat Telkomsel

Baca juga: Lima aplikasi untuk konsultasi kesehatan selama #DiRumahAja


Akses rapid test diharapkan bisa menambah kapasitas layanan tes dan membantu Pekanbaru menjadi zona hijau. Dalam pelaksanaannya, Halodoc menggandeng Rumah Sakit Hermina Pekanbaru sebagai tim medis di lapangan dan Ramayana Panam Pekanbaru sebagai penyedia tempat tes cepat (rapid test).

Tes ini bisa diakses masyarakat Pekanbaru pada tanggal 8 - 20 Juni 2020 di Ramayana Panam Square Pekanbaru.

Lebih lanjut, untuk mengakses layanan rapid test, pengguna cukup memilih menu ‘Tes COVID-19’ yang ada di halaman awal aplikasi Halodoc lalu memilih lokasi “Rapid Test Ramayana Panam by RS Hermina Pekanbaru”. Setelah itu, pengguna dapat memilih hari dan waktu tes.

Pengguna diwajibkan untuk melengkapi data diri dengan mengunggah foto kartu identitas sebagai kelengkapan proses pendaftaran dan menyelesaikan proses pembayaran. Bukti pendaftaran akan didapatkan melalui SMS dan notifikasi di aplikasi Halodoc untuk digunakan kembali saat registrasi di lokasi tes.

Pada saat melakukan pemeriksaan, pengguna diimbau untuk datang ke lokasi dengan menggunakan sepeda motor atau mobil pribadi, atau menggunakan layanan transportasi daring dengan tetap memperhatikan panduan keamanan selama perjalanan.

Hasil pemeriksaan akan diinformasikan 1 hari setelahnya melalui SMS atau aplikasi Halodoc. Jika hasilnya positif, maka akan direkomendasikan untuk kembali berkonsultasi dengan dokter di Halodoc untuk menentukan penanganan selanjutnya, seperti isolasi mandiri atau pemeriksaan lanjutan ke rumah sakit rujukan COVID-19.

"Dengan pelaksanaan tes cepat massal ini, kami berharap lebih banyak lagi masyarakat yang bisa memeriksakan kondisi kesehatannya," kata Direktur Rumah Sakit Hermina Pekanbaru, dr Firdaus Nurdin.

"Dan dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, kita bisa bersama-sama memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Kota Pekanbaru yang saat ini sudah berada di Zona Kuning," ujarnya melanjutkan.

Baca juga: Prudential dan Halodoc sediakan Rapid Test COVID-19 tanpa biaya

Baca juga: Mau rapid test COVID-19? Bisa buat janji via Halodoc

Baca juga: Halodoc dan Gojek sediakan rapid test COVID-19 "drive thru" gratis
Pewarta : Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020