Jakarta (ANTARA) - Mobil SUV (sport utility vehicle) yang dirilis Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales (MMKSI) ke pasar otomotif Indonesia pada Juli 2019, Mitsubishi Eclipse Cross mengusung sejumlah fitur keselamatan guna menjamin rasa aman saat berkendara.

Mobil bermesin 4B40 DOHC MIVEC 1.5L Turbocharged 4 (empat) silinder itu dilengkapi 7 SRS Airbags yang terdiri front airbag, side airbag, curtain airbag, dan knee airbag untuk membantu melindungi pengendara dan penumpang jika terjadi tabrakan.

Eclipse Cross dibekali Forward Collision Mitigation System (FCM) yang mencegah benturan ketika ada objek di depan mobil yang berhenti mendadak. Mobil pun bisa mendeteksi kendaraan lain serta pejalan kaki melalui kamera dan radar laser.

"Mitsubishi Eclipse Cross memiliki desain dan fitur yang futuristik, untuk mereka yang dinamis dan progresif, diwujudkan dengan tampilan yang sporty dan stylish, performa berkendara, teknologi canggih, serta Advance Safety Feature yang optimalkan pengalaman berkendara penuh percaya diri," kata Guntur Harling Group Head of Product strategy Division PT MMKSI dalam siaran pers, Rabu.

Baca juga: Perkiraan harga Mitsubishi Eclipse Cross dan Outlander PHEV

Baca juga: Mitsubishi Eclipse Cross dan Outlander PHEV masuk Indonesia


Adaptive Cruise Control

Fitur Adaptive Cruise Control pada Eclipse Cross diklaim lebih pintar dari Cruise Control biasa, sebab fitur itu bisa membebaskan pengemudi dari pedal gas dan juga pedal rem berkat Adaptive Cruise Control yang menyesuaikan kecepatan dengan kondisi lalu lintas.

Saat Adaptive Cruise Control diaktifkan pada kecepatan tertentu, mobil akan menjaga kecepatan dengan kendaraan di depannya tanpa harus menekan pedal gas dan pedal rem.

Jika kendaraan di depan mengurangi kecepatan, maka otomatis fitur Adaptive Cruise Control juga akan mengurangi sendiri kecepatannya. Begitu mobil di depan kembali melaju, maka Eclipse Cross juga akan menambah kecepatan sesuai dengan batasan yang telah ditetapkan oleh pengemudi.

Active Yaw Control

Mitsubishi menyediakan Active Yaw Control (AYC) yang akan mengoptimalkan kekuatan rem, sehingga mobil tetap terkontrol bahkan saat kondisi jalanan licin dan basah.

Keamanan juga dapat dimaksimalkan saat kondisi jalanan licin dengan adanya Active Stability & Traction Control (ASTC) yang secara otomatis mengontrol laju mobil ketika sedang bermanuver agar tidak mudah tergelincir.
Mitsubishi Eclipse Cross saat perkenalan di Tokyo, Jepang. (ANTARA/Alviansyah P)


Baca juga: Mitsubishi masih pertimbangkan Eclipse Cross di pasar Indonesia

Baca juga: Mitsubishi Eclipse Cross raih lima bintang ASEAN NCAP


Blind Spot Warning

Eclipse Cross juga dibekali fitur Blind Spot Warning yang menampilkan peringatan di kaca spion luar jika ada kendaraan di samping kanan dan kiri mobil. Sehingga pengendara dapat lebih aman jika ingin berpindah lajur.

Saat mengendarai Eclipse Cross, pengemudi tidak perlu khawatir jika ada kendaraan lain yang tiba-tiba melintas di belakang ketika mobil dalam posisi mundur, dengan adanya fitur Rear Cross Traffic Alert.

Ultra Misacceleration Mitigation System

Ultra Misacceleration Mitigation System (UMS) dapat mencegah mobil melaju ketika pedal gas secara tidak sengaja terinjak ketika sedang parkir.

Selain itu, Eclipse Cross dilengkapi Hill Start Assist (HSA) yang mengaktifkan rem secara otomatis selama beberapa detik saat akan melaju di jalan menanjak sehingga mobil tidak bergerak mundur dan mencegah terjadinya tabrakan dengan kendaraan di belakang mobil.

5 Bintang ASEAN NCAP

Eclipse Cross memiliki sistem keamanan berstatus Bintang 5 (lima) dari ASEAN NCAP pada tahun 2018 dengan total skor 91,05 poin.

Dalam kategori Perlindungan Orang Dewasa (Adult Occupant Protection), model ini mencetak 48,81 poin, pada kategori Perlindungan Anak (Child Occupant Protection) mencetak 22,11 poin dan 20,14 poin pada kategori Safety Assist Technologies.

Baca juga: Terjang banjir hingga medan berkelok dengan Mitsubishi Eclipse Cross

Baca juga: Alasan Mitsubishi genjot mobil bertema "adventure" di Indonesia

Baca juga: Menyimak fitur unggulan Eclipse Cross dan Outlander PHEV
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020