20 tempat ibadah di Surabaya ditutup dampak pandemi COVID-19

20 tempat ibadah di Surabaya ditutup dampak pandemi COVID-19

Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Irvan Widyanto (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya)

Surabaya (ANTARA) - Sedikitnya 20 tempat ibadah di Kota Surabaya, Jawa Timur, ditutup sebagai dampak adanya warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 di sekitar lingkungan rumah ibadah tersebut.

Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Irvan Widyanto di Surabaya, Sabtu, mengatakan total ada 20 rumah ibadah yang masuk dalam daftar penutupan sementara yang terdiri dari 16 masjid dan empat gereja.

Baca juga: Risma minta masukan guru agar pelajar Surabaya bisa sekolah lagi

"Sehubungan dengan itu, kami meminta pengelola atau pengurus menghentikan seluruh kegiatan sampai adanya pemberitahuan lebih lanjut," katanya.

Menurut Irvan, pihaknya telah mengirim surat pemberitahuan dengan Nomor 443/4734/436.6.4/2020 kepada 20 pengelola tempat ibadah tersebut. Adapun inti dari surat tersebut agar tidak melaksanakan kegiatan ibadah di tempat itu sementara waktu.

Baca juga: Peneliti Unair temukan potensi Stem Cell sebagai obat COVID-19

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPB) dan Linmas Kota Surabaya ini mengatakan penutupan tempat ibadah tersebut karena adanya orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 di sekitar lingkungan

Adapun 20 tempat ibadah yang dimaksud meliputi : (1). Masjid Al Anshor di Greges Timur, Asem Rowo, (2). Masjid Nurul Fajar di Tambak Gringsing III, Pabean Cantikan, (3). Masjid Ainul Hasal, Kapas MadyaIV, Tambaksari.

Baca juga: Unair Surabaya temukan lima kombinasi obat penawar COVID-19

Juga (4) Masjid An Najah di Gading I, Tambaksari, (5). Masjid Uswah di Kedung Indah, Benowo, (6). Masjid Syuhada di Wiyung II, Wiyung, (7). Masjid Al Mustaqim di Menanggal 1, Gayungan.

Selain itu, (8) Masjid Tholabuddin di Rungkut Lor VII Masjid, Rungkut, (9). Masjid Al Hidayah di Siwalankerto III, Wonocolo, (10). Masjid Al Istiqomah di Gundih III, Bubutan, (11). Masjid Nurul Iman di Banyu Urip Lor, Sawahan, (12). Masjid Jamiyatul Hidayah di Banyu Urip 1, Sawahan.

Baca juga: Dua unit "thermal scanner" dipasang di Balai Kota Surabaya

Juga (13). Masjid As Shodiqin di Wonorejo III, Tegalsari, (14). Masjid Bani Ruslani di Wonorejo III, Tegalsari, (15). Masjid Baitur Rohim di Gunungsari 1, Wonokromo dan (16). Masjid Sabillah di Ngagel Tirto, Wonokromo.

Selain masjid, juga ada gereja yang ditutup meliputi (17). Gereja Jemaat Kristen Indonesia Jemaat Misi di Menanggal 1, Gayungan, (18). Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat Hosea di Menanggal 1, Gayungan, (19). GKB Shalom di Raya Kendangsari, Tenggilis Mejoyo dan (20) Gereja Bethani di Indonesia di Tambak Segaran VI, Tambaksari.

Baca juga: Tempat hiburan malam yang nekat buka di Surabaya diberi sanksi
Pewarta : Abdul Hakim
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020