Pakar: Kasus Kekeyi justru tingkatkan "personal branding"

Pakar: Kasus Kekeyi justru tingkatkan

Pakar branding Soegimitro. (HO/Soegimitro)

Jakarta (ANTARA) - Pakar branding, Soegimitro menilai kasus lagu "Keke Bukan Boneka" yang menjiplak lagu "Aku Bukan Boneka" karya Papa T Bob justru meningkatkan personal branding dari Kekeyi selaku influencer Youtube dan Instagram.

"Meski Kekeyi mendapat banjir hujatan dari netizen justru dia berhasil memasarkan dirinya," kata Soegmitro dalam keterangan tertulisnya, Jumat.

Menurut dia, Kekeyi memiliki insting dan pengamatan yang sangat baik mengenai konten yang bisa menarik perhatian dan bagaimana memasarkan dirinya lewat media sosial saluran Youtube.

”Saya melihatnya sebagai seorang content creator yang hebat,” kata Soegimitro.

Salah satu contoh, tutur Soegimitro yang memiliki saluran Youtube Soegimitro ini, konten yang memperlihatkan Kekeyi naik becak ke pasar malam.

Baca juga: Kekeyi buka suara soal tudingan jiplak lagu
Baca juga: Jadi sasaran perundungan, Kekeyi tanggapi dengan santai


Ia berpendapat, Kekeyi benar-benar memikirkan secara detail mengenai pemilihan kostum, pemilihan kendaraan yang ia naiki, kemudian pemilihan plot cerita hingga gimmick-gimmick yang menyertai.

"Dia memikirkan setiap aspek dalam pembuatan konten yang bisa menimbulkan rasa penasaran orang, di situ dibutuhkan kemampuan membaca target audiens, dan Kekeyi berhasil,” kata Soegimitro.

“Kontennya terlihat biasa tapi disukai, meskipun tingkah lakunya banyak mengundang bullying dan gayanya yang terlihat ngasal, itulah personal branding yang dibangun Kekeyi,” kata Soegimitro

Kekeyi semula dikenal sebagai beauty vlogger. Ia melejit karena tutorial makeup seperti DIY (makeup challenge).

Setelahnya Kekeyi ramai panggilan ke ibu kota, kolaborasi dengan selebgram-selebgram ternama dan wara-wiri di program televisi nasional.

Soegimitro menambahkan, Kekeyi meskipun karyanya, menurut perspektif orang-orang biasa daja, tapi dia tetap konsisten menghasilkan karya demi karya.

“Konsistensi itu yang perlu dipelajari jika ingin membentuk personal branding yang kuat,” kata Soegimitro.
Baca juga: Rinni Wulandari komentari lagu Kekeyi yang dituding menjiplak
Baca juga: Kevin Aprilio dan Widy bawakan lagu Kekeyi "Keke Bukan Boneka"
Pewarta : Ganet Dirgantara
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020